nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tragis, Model Asal Polandia Ini Nyaris Buta Akibat Tato Bola Mata

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 28 33 2175893 tragis-model-polandia-ini-nyaris-buta-akibat-tato-bola-mata-e9J5xWV8yh.jpg Aleksandra Sadowska. (Foto: Instagram/@anoxi_cime)

WROCLAW - Model asal Polandia, Aleksandra Sadowska harus menerima risiko kehilangan penglihatan setelah menato bola matanya. Prosedur itu dilakukannya demi terlihat seperti sang idola, rapper Popek Monster.

Akibat tato tersebut, Sadowska kerap merasakan sakit pada bola matanya. Namun Piotr A, tukang tato yang 'menghitamkan' sklera matanya itu meyakinkan bahwa rasa sakit itu hal normal yang dapat diatasi dengan obat pereda nyeri.

Aleksandra Swadoska. (Foto: Instagram/@anoxi_cime)

Rasa sakit itu berujung nestapa bagi Sadowska yang kemudian mengalami kebutaan di mata kirinya. "Dokter pun enggan memberikan harapan karena kerusakan bola mataku terlalu dalam dan luas. Aku hanya takut mengalami buta total," ujarnya.

Enggan diam, model 25 tahun itu kemudian memperjuangkan nasibnya dengan membawa masalah itu ke jalur hukum. Dalam penyelidikan, polisi menemukan bukti bahwa Piotr A tak kompeten untuk melakukan tato bola mata.

Baca juga: Italia Terpapar Virus Korona, Tom Cruise Tunda Syuting Mission Impossible 7

Dia menggunakan tinta yang biasa dipakai untuk menato kulit manusia pada sklera Sadowska. Padahal, menurut kuasa hukum sang model, tinta itu tak seharusnya masuk ke dalam mata.

"Meski tahu tak kompeten, namun Piotr A tetap menjalankan prosedur tato bola mata tersebut yang malah berujung tragis bagi klien kami," kata kuasa hukum Sadowska.

Akibat kelalaiannya, Piotr A terancam 4 tahun penjara. Namun dia mengklaim tak bersalah karena menilai Sadowska mengetahui risiko di balik keputusannya melakukan tato bola mata.

Aleksandra Swadoska. (Foto: Instagram/@anoxi_cime)

Sekadar informasi, tato bola mata adalah sebuah prosedur 'mewarnai' sklera atau bagian putih pada mata. Prosedur ini dilakukan dengan menyuntikkan tinta di bawah lapisan atas sklera.

Kemudian, tinta perlahan akan menyebar dan menutupi keseluruhan sklera. Prosedur ini hanya dilakukan segelintir tukang tato ternama dunia. Hal ini karena tato tersebut bersifat permanen dan berisiko kebutaan pada pasien.*

Baca juga: 9 Tahun Menanti, Rianti Cartwright Umumkan Kehamilan Pertama

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Viral di Media Sosial, Amanda Penjual Tahu Cantik Ternyata Sudah Menikah

Amanda Nurani Nataprawira si penjual tahu cantik yang viral di media sosial ternyata sudah memiliki suami.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini