nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sinopsis Chernobyl, Miniseri tentang Ledakan Nuklir di Ukraina

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 13:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 17 206 2169642 sinopsis-chernobyl-miniseri-tentang-ledakan-nuklir-di-ukraina-NJD37ShZRt.jpg Poster Chernobyl (Foto: HBO)

JAKARTA - Chernobyl adalah salah satu miniseri yang dirilis HBO. Serial ini bercerita tentang bencana ledakan nuklir paling besar sepanjang sejarah yang pernah terjadi di Ukraina, saat itu masih Uni Soviet.

Ledakan yang terjadi pada 26 April 1986 ini sebenarnya tidak pernah dipublikasikan karena pemerintah Soviet tak ingin dunia tahu kegagalan mereka dalam pengembangan teknologi reaktor nuklir. Maka ketika miniseri ini dirilis, banyak orang yang akhirnya tersadar bahwa ledakan nuklir terbesar pernah terjadi di Ukraina.

Baca Juga:

HBO Raih Trofi Mini Seri Terbaik Emmy Awards 2019 Lewat Chernobyl

Daftar Lengkap Pemenang Emmy Awards 2019

Chernobyl


Ceritanya sendiri digiring oleh narasi Valery Legasov (Jared Harris) yang merasa bahwa pengembangan teknologi reaktor nuklir di negaranya terlalu dipaksakan. Legasov pun akhirnya melakukan penelitian kecil bahwa kegagalan ini akan berimbas besar pada masyarakat.

Ledakan akhirnya terjadi di sebuah pembangkit tenaga nuklir. Alih-alih dianggap berbahaya, pemerintah menyatakan bahwa peristiwa itu bukan hal yang harus dikhawatirkan.

Para masyarakat Ukraina pun menikmati ledakan itu karena menghiasi langit Ukraina layaknya pesta kembang api. Permasalahan mulai muncul karena udara di Chernobyl terdampak ledakan itu berbahaya untuk dihirup.

Meski banyak menggunakan istilah-istilah berbau fisika, miniseri Chernobyl tetap sangat seru untuk ditonton. Akting para pemainnya merata dengan porsi yang pas. Selain itu, setting waktu dan tempat yang disuguhkan benar-benar menggambarkan betapa mencekamnya Chernobyl di tahun 1986. Ketegangan semakin lengkap ketika scoring musik yang disertakan cukup dalam memadukan keseluruhan elemen yang dibangun.

Selain membawa nafas sejarah yang tak terungkap, Chernobyl juga dijadikan pembelajaran bagi para ilmuwan untuk menciptakan reaktor nuklir yang benar. Peristiwa kematian massal yang terjadi di Ukraina pada 1986 tentunya tidak seharusnya terulang karena kelalaian dari orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Baca Juga:

Enggan Pisah, Sule: Nunung Itu Wanita Simpananku

Dapat Mobil Rp2 Miliar oleh Aurel, Ashanty: Pakai Uang Siapa?

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Intip Potret Cantik & Seksinya Sinka Eks JKT 48 saat Liburan ke Bali

Sinka Juliani saat berlibur ke Bali sambil memegang kamera analog. (Foto: Instagram @sinkajuliani96)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini