nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Singkat Ade Irawan, Raih Lifetime Achievement di Akhir Hayat

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 17:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 33 2154409 profil-singkat-ade-irawan-raih-lifetime-achievement-di-akhir-hayat-2OpKsrzUAP.jpg Ade Irawan dan Ria Irawan (Foto: Ist)

JAKARTA - Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka atas berpulangnya aktris senior Ade Irawan pada 17 Januari 2020. Sosoknya yang sudah malang melintang di industri perfilman Indonesia tentunya sudah sudah tak asing bagi masyarakat. 

Ade Irawan lahir di Jakarta, 5 April 1937 silam dengan nama Arzia Dahar. Perempuan berdarah minang ini adalah istri Bambang Irawan yang merupakan aktor dan sutradara Indonesia. Tiga dari lima anak mereka kemudian mengikuti jejak mereka di dunia film, yakni Bambang Widya Permadi, Dewi Irawan dan Ria Irawan. 

Baca Juga:

Mengenang Ade Irawan, Aktris Produktif dengan Ratusan Film

Mayky Wongkar Rindu Ria Irawan Usai Shalat

Ade Irawan

Tahun 1964 merupakan kali pertama Ade terjun ke dunia seni peran. Kala itu ia tampil sebagai figuran dalam film Diambang Fadjar produksi Agora pimpinan sang suami. Kemudian Ade bermain dalam film Tjinta di Udjung Tahun pada 1965 dan semenjak itulah, ia mulai mendapat peran utama. 

Tak hanya bermain dalam perusahaan film suaminya, Ade  juga bermain dalam perusahaan film lainnya. Selain aktif di dunia seni peran, ia juga mampu menulis skenario antara lain Fajar Menyingsing dan Belas Kasih pada 1975. 

Meski kerap mencapai kesuksesan, Ade pun sempat mengalami titik jatuh dalam hidupnya. Perusahaan film Agora yang di dirikan bersama Bambang akhirnya gulung tikar. Setelah itu, sang suami meninggal pada 1979. Pada 1993, ia berhasil menerima penghargaan Kesetiaan Profesi dari Dewan Film Nasional pada 1993. 

Sepanjang perjalanan kariernya, Ade telah membintangi banyak judul film. Di antaranya adalah Catatan si Emon (1991), Pengantin Remaja (1991), Kembali Lagi (1993), Tabir Biru (1993), dan Suster N (2007). 

Usia senja pun tak membatasi semangat Ade untuk terus berkarya. Ia terus aktif di dunia seni peran hingga sempat membintangi film terakhir kalinya yang berjudul Dreams pada 2016.

Konsistensi dalam berkarya itu mengantarkan Ade untuk kembali mendapakan penghargaan di usianya yang sudah mencapai 82 tahun. Ia berhasil menerima "Lifetime Achievement" Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) pada 8 Desember 2019.

Baca Juga:

Zaskia Sungkar Hamil, Netizen Semringah

Vanessa Angel Dilabrak Mantan Istri Didi Mahardika

Ade Irawan dan Ria Irawan

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Ria Irawan Jalani Kemoterapi

Aktris Ria Irawan menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (3/12/2014). Ria Irawan menjalani perawatan kemoterapi untuk kedua kali pascadivonis menderita kanker kelenjar getah bening stadium 3.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini