Mengenang Ade Irawan, Aktris Produktif dengan Ratusan Film

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 33 2154405 mengenang-ade-irawan-aktris-produktif-dengan-ratusan-film-iKq7HD1Vhs.jpg Keluarga Ade Irawan (Foto: Instargam Dewi Irawan)

JAKARTA - Belum sebulan Ria Irawan tutup usia, kini kabar duka hadir dari sang ibu. Ade Irawan meninggal dunia pada Jumat, 17 Januari 2020 pada usia 82 tahun.

Ade Irawan diketahui memiliki riwayat penyakit paru-paru dan tengah menjalani pengobatan intensif di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan sejak November lalu.

Ade Irawan merupakan aktris legendaris yang memulai karier di tahun 1964. Ia menjadi figuran dalam film Diambang Fadjar pimpinan produksi Bambang, sang suami.

Baca Juga:

Inalillahi, Artis Senior Ade Irawan Meninggal Dunia

Mayky Wongkar Rindu Ria Irawan Usai Shalat

Ade Irawan


Pertemuan pasangan ini dimulai sejak tahun 1954 dan menikah setelah Bambang membintangi Tiga Dara (1956).

Dari pernikahan pasangan selebriti ini, mereka dikaruniai lima anak. Tiga diantaranya : Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi dan Ria Irawan mengikuti jejak orangtua sebagai bintang film.

Tidak kurang dari 112 film dibintangi Ade Irawan selama 55 tahun. Banyak diantaranya disutradarai sang suami, seperti Si Janda Kembang, Belas Kasih, Matahari Pagi dan beberapa lainnya.

Namun ada pula film dengan sutradara lain seperti Sophan Sophian di judul Jinak Jinak Merpati, Widuri hingga Kekasihku.

Ade Irawan juga tercatat sebagai aktris produktif. Setidaknya dalam satu tahun ia bisa memainkan 4 judul. Bahkan pada 1977, tercatat ada 18 film dibintanginya. Judul terakhir yang dimainkan perempuan bernama lengkap Arzia Dahar ini adalah Dreams (2016).

Sederet prestasi pun berhasil diraih aktris berdarah Minang. Terbaru, Ade mendapat Piala Citra untuk Lifetime Achievment pada 2019 di ajang FFI.

Para selebriti pun turut berduka atas kepergian Ade Irawan. Melly Goeslaw misalnya, pelantun Ada Apa Dengan Cinta ini mengunggah foto ibu Ria Irawan di Instagram.

Baca Juga:

Vanessa Angel Dilabrak Mantan Istri Didi Mahardika

Zaskia Sungkar Hamil, Netizen Semringah

Ade Irawan dan Ria Irawan


"Selamat jalan tante Ade Irawan, bahagia berkumpul dengan Ria di surga Allah. Al-Fatihah," tulis Melly.

Hadir pula Ernest Prakasa yang menuliskan pesan duka disusul dukungannya terhadap Dewi Irawan yang ditinggalkan orang-orang terkasih.

"Ibu Adek Irawan baru saja berpulang menyusul anaknya terkasih Ria Irawan. Sungguh sulit membayangkan dukacita Mbak Dewi dan keluarga. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan," tulisnya di Twitter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini