Reaksi Sutradara Ketika Parasite Tembus 6 Nominasi Oscar

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 33 2152927 reaksi-sutradara-ketika-parasite-tembus-6-nominasi-oscar-x4DYG2askc.jpg Parasite. (Film: CJ Entertainment)

LOS ANGELESParasite tercatat menjadi film Korea Selatan pertama yang berhasil menembus nominasi Best Picture ajang Oscar 2020. Capaian itu bahkan membuat Bong Joon Ho sutradara film tersebut terkejut.

Bong tak pernah menyangka karyanya disejajarkan dengan sutradara ternama Hollywood lainnya. “Setiap kali mereka (Academy Awards) mengumumkan nominasi baru, itu sangat menegangkan. Karena kami tak pernah menyangka akan masuk,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/1/2020).

 Bong Joon Ho. (Foto: News1)

Bahasa yang selama ini kerap dianggap sebagai tantangan untuk memasuki pasar global berhasil dipatahkan Parasite. Bong mengaku, kesuksesan mereka didukung keberadaan Internet, media sosial, dan layanan streaming. “Parasite diuntungkan tren global tersebut,” imbuhnya.

Parasite tak hanya menduduki nominasi Best Picture. Setidaknya, ada lima nominasi bergengsi lainnya yang berhasil mereka tembus. Bong Joon Ho bersaing di kategori Best Director, sementara Jin Won Han menembus nominasi Original Screenplay. Lainnya termasuk kategori Film Editing, Production Design, serta International Feature Film.

Baca juga: HBO Akan Garap Serial TV Parasite 

Popularitas Parasite pertama kali meroket ketika film itu meraih trofi Palme d’Or di ajang Festival Film Cannes pada Mei 2019. Selanjutnya, film itu meraih trofi Best Director dan Best Foreign Language dari Critics Choice Awards pada 11 Januari silam.

 Parasite. (Foto: CJ Entertainment)

Film yang dibintangi Song Kang Ho dan Lee Sun Kyun itu kemudian meraih piala Best Foreign Language dari Golden Globes 2020 dan berhasil menembus empat nominasi BAFTA.

 Parasite. (Foto: CJ Entertainment)

Mengusung genre thriller, film Parasite mengisahkan keluarga miskin yang berusaha mengelabui keluarga kaya demi mencicipi hidup mewah. Sayang, ambisi tersebut berujung petaka bagi kedua keluarga itu.*

Baca juga: Publik Kecam Keputusan Pengadilan Tolak Permohonan Penahanan Seungri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini