Ratu Elizabeth II Restui Keputusan Pangeran Harry Mundur dari Kerajaan

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 33 2152647 ratu-elizabeth-ii-setuju-keputusan-pangeran-harry-mundur-dari-kerajaan-wKEOPHA990.jpg Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Reuters)

SANDRINGHAM - Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari anggota senior kerajaan Inggris pada 8 Januari 2020. Hal tersebut sontak menjadi perbincangan, mengingat keputusan pasangan pasangan Duke dan Duchess of Sussex tersebut cukuplah mengagetkan.

Dikutip dari Reuters, usai keputusan mundur tersebut pihak Kerajaan Inggris menggelar pertemuan di Istana Sandringham pada Senin, 13 Januari 2020 dan dihadiri para senior kerajaan. Ratu Elizabeth II, akhirnya menyetujui serta mendukung penuh keputusan cucunya tersebut.

Baca Juga: Pangeran Harry dan Meghan Mundur dari Kerajaan, Pangeran William Buka Suara

 

"Saya dan keluarga saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda," kata Ratu Elizabeth.

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi Anggota Keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai sebuah keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Harry dan Meghan telah memutuskan akan tinggal di Kanada dan Inggris serta hidup mandiri secara finansial, usai keluar dari kerajaan. Mendengar hal itu, Ratu Elizabeth II pun menjelaskan bahwa keputusan Sussex tak akan bergantung pada finansial kerajaan.

 

Baca Juga: Pangeran Harry Promosikan Akting Meghan Markle pada CEO Disney

"Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka," ucapnya.

"Karena itu telah disepakati, bahwa akan ada periode transisi di mana Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Meghan Markle sendiri tak hadir dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Pangeran Charles serta Pangeran William, lantaran tengah berada di Kanada. Akan tetapi, dirinya diketahui ikut bergabung dalam sambungan video.

Sebelumnya, keinginan Harry dan Meghan untuk mundur dari anggota senior kerajaan Inggris dilontarkan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan Ratu Elizabeth maupun Pangeran Charles.

Baca Juga: Vanessa Angel Beri Klarifikasi Terkait Pernikahan yang Digelar Diam-diam

Mereka justru secara tiba-tiba mengunggah pernyataan tersebut melalui akun Instagram @sussexroyal.

"Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini. Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial," tulis Pangeran Harry. (edh) 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini