nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Kontroversi, Panitia Golden Disc Awards Jelaskan Metode Pemilihan Pemenang

Hana Futari, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 20:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 05 205 2149499 jadi-kontroversi-panitia-golden-disc-awards-jelaskan-metode-pemilihan-pemenang-GfbBq6ugz7.jpg Bang Shin Hyuk menerima trofi kemenang GDA ke-34 (Foto: JTBC)

SEOUL - Golden Disc Awards (GDA) ke-34 hari pertama telah digelar pada Sabtu, 4 Januari 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang GDA hari pertama difokuskan pada penjualan digital atau digital release.

Baca Juga: BLACKPINK dan BTS Raih Sertifikasi Platinum dari Gaon Chart

Golden Disc Awards

Nama-nama besar seperti BTS, Paul Kim, AKMU, hingga rookie seperti TXT dan ITZY keluar sebagai pemenang. Sayangnya, kemenangan di GDA ke-34 hari pertama menuai kontroversi.

Banyak yang mempertanyakan bagaimana metode pemilihan hingga muncul nama pemenang untuk setiap kategori. Terkait protes dan pertanyaan ini, anggota komite eksekutif GDA, Im Jin Mo memberikan penjelasan.

GDA ke-34

Syarat pertama dan paling utama untuk bisa masuk nominasi GDA ke-34 adalah lagu-lagu tersebut harus dirilis dalam periode Oktober 2018 hingga Oktober 2019. Tim GDA lantas akan menggunakan data penjualan dan pemakaian setiap lagu dari Gaon Chart hingga Desember 2019.

Pemenang kemudian akan ditentukan berdasarkan data pemakaian tiap lagu dan evaluasi tim panelis yang berisi para ahli. Data pemakaian lagu memiliki porsi nilai 60 persen, sementara penilaian ahli hanya 40 persen.

50 persen tim panelis berisi 6 member komite eksekutif GDA, 10 PD (producing director) acara musik, 4 kritikus musik, dan 30 jurnalis pop-culture. Sebagai salah satu tim panelis, Im Jin Mo tidak melihat ada yang salah dari nama-nama pemenang GDA ke-34 hari pertama.

BTS

"BTS adalah ikon 2019. Berdasar review komprehensif dari raihan dan dampak mereka dari segi musik, mereka pantas mendapat Daesang (hadiah utama) digital," tutur Im Jin Mo seperti dikutip dari Soompi, Minggu (5/1/2020).

Sebagai informasi, BTS mendapat nilai 97,9 dari 100 poin. 25 dari total 50 ahli memilih lagu BTS, Boy with Luv sebagai lagu yang pantas mendapat Daesang untuk Digital Song of the Year.

Baca Juga: Dari Kencan Nonton Rhoma Irama, Dipha Barus Resmi Nikahi Vanessa Budihardja

Menyusul di bawah BTS dengan poin tertinggi adalah Paul Kim yang menerima Bonsang lewat Me After You. Sang solois mendapat poin 77,7 dan 1 suara dari ahli untuk Daesang.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini