nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucky Hakim Imbau Warga Waspada Kemunculan Ular saat Banjir

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 02 33 2148543 lucky-hakim-imbau-warga-waspada-kemunculan-ular-saat-banjir-RGeZGj0Nwt.jpeg Lucky Hakim (Foto: Instagram @luckyhakimofficial)

JAKARTA - Bencana banjir yang menerjang sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya menjadi sorotan Lucky Hakim. Aktor yang dikenal sebagai pencinta hewan ini mengingatkan warga untuk mewaspadai kehadiran ular di sekitar pemukiman yang dilanda banjir.

"Kalau banjir banyak binatang yang lepas, macam-macam lah. Termasuk ular yang dipelihara maupun yang liar. Yang tadinya dia ngumpet-ngumpet di gorong-gorong yang tadinya ngumpet di balik batu sekarang keluar semua," kata Lucky Hakim saat dihubungi Okezone pada Kamis (2/1/2020).

Baca juga: Nekat, Lucky Hakim Berenang dengan 1000 Piranha

Menurut mantan anggota DPR ini, kemunculan ular di pemukiman sangat sulit dihindari terutama ketika banjir sedang melanda. Cara satu-satunya adalah dengan menangkap ular yang terlihat.

Lucky Hakim

"Harus ditangani dengan ditangkap. Misalnya rumah kita tergenang air setinggi satu meter ada ular dari jalan berenang ya kita mesti tangkap ramai-ramai," jelasnya.

Lucky Hakim mengatakan bahwa ular yang lumrahnya ditemukan di pemukiman adalah jenis sanca. Meski tidak berbisa tetapi ia bisa melilit sehingga membutuhkan sekitar tiga orang untuk menangkapnya.

Sementara untuk jenis ular berbisa, Lucky menyarankan penangkapannya dilakukan dengan media jaring atau karung. Tapi ketika dalam kondisi yang membahayakan bisa memakai stik kayu sebagai upaya pengamanan.

Baca juga: Rumah Terdampak Banjir, Nikita Mirzani Sindir Anies Baswedan

Lucky Hakim

Meski penangkapan ular disarankan untuk dilakukan segera, Lucky menegaskan bahwa cara yang digunakan juga tak boleh asal. Yakni tak boleh menangkap ular dengan tangan kosong.

"Kita enggak boleh langsung tangkap ular pakai tangan (langsung). Karena kita tidak bisa memastikan ular itu berbisa atau tidak," jelasnya.

Lebih lanjut, pria 41 tahun itu menjelaskan bahwa tak ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari kedatangan ular selain dengan menangkapnya. Pemberian garam dan wewangian ternyata bukanlah cara yang ampuh untuk menjauhi ular.

"Itu enggak ngaruh sama sekali," pungkas Lucky.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Lucky Hakim Telah Mantap untuk Nikahi Tiara Dewi Bulan Desember

Lucky Hakim saat berbincang dengan Okezone dalam kunjungan ke Kantor Redaksi Okezone, Gedung MNC News Center, Jakarta, belum lama ini. Lucky Hakim telah mantap untuk menikahi kekasihnya, Tiara Dewi pada bulan Desember 2016.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini