Kaleidoskop 2019: Musisi Indie Kini Tak Lagi Tersisih

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 205 2145673 kaleidoskop-2019-musisi-indie-kini-tak-lagi-tersisih-YARklYAtQG.jpg Boyband EXO

JAKARTA - Tahun 2019, dunia musik di Tanah Air gencar menghadirkan banyak hiburan untuk penikmat musik. Para musisi lokal dan mancanegara seolah berbondong-bondong tampil dalam konser. Tak hanya dalam bentuk konser tunggal, gelaran yang mencakup banyak musisi seperti festival musik pun menjamur di tahun ini.

Melihat fenomena tersebut, Pengamat Musik Gideon Momongan menjelaskan, fenomena maraknya kehadiran festival musik di Indonesia di tahun 2019 merupakan rambu yang bagus untuk industri musik di Tanah Air.

“Yang paling menarik adalah banyak festival musik. Salah satu indikator yang bagus dan dibanding tahun-tahun sebelumnya,” kata Gideon saat ditemui Okezone di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan belum lama ini.

Super Junior 

Baca juga: Kontroversi Atta Halilintar, Skandal Seks hingga Penistaan Agama

Gideon melihat berbagai festival musik yang digelar di berbagai kota justru lebih banyak mengangkat musisi lokal sebagai hidangan utama, salah satunya musisi indie. Padahal beberapa tahun sebelumnya, kemunculan musisi indie sebatas pelengkap penampilan musisi berlabel besar.

”Rata-rata mengangkat indie. Dulunya indie itu menjadi pelengkap, sekarang justru menjadi yang utama. Headliners festival tuh sebagian besar sekarang indie. Jadi yang industri, misalnya kayak grup band Dewa, Gigi, atau Slank, ya mereka tetap besar namanya, tapi bukan lagi menjadi hidangan utama,” jelasnya.

Pengamat musik Gideon Momongan 

Baca juga: 5 Film Hollywood Tersukses Sepanjang Tahun 2019

Sejumlah event musik seperti Synchronize Fest menghadirkan banyak musisi indie seperti .Feast, Danilla Riyadi, Jason Ranti, Stars And Rabit, hingga Fiersa Besari. Festival musik lainnya yang memunculkan banyak musisi indie adalah Lokatara, Soundrenaline, hingga Soundfest.

Sosok mereka yang tengah naik daun di kalangan milenial mampu meredam dominasi musisi internasional. “Pasar musik Indonesia makin kelihatan memberi tempat, perhatian lebih pada lokal. (Musisi) indie terangkat naik dan cukup mengerem dominasi musisi-musisi luar (yang konser) di sini,” kata Gideon.

Gideon berharap apresiasi terhadap musisi lokal itu tetap berlanjut pada 2020. Pria yang akrab disapa Dion itu ingin mereka dan segala karyanya bisa merajai negerinya sendiri bahkan mampu menembus pasar Internasional.

Ed Sheeran saat menggelar konser 

Baca juga: Deretan Vlog Sensasional Deddy Corbuzier dan Nikita Mirzani

Sementara itu, Gideon menyoroti banyaknya musisi asal Korea Selatan yang menyelenggarakan konser di dalam negeri sepanjang tahun 2019 ini. Menurutnya, serbuan girlband dan boyband tersebut cukup mendulang simpati publik, mengingat basis penggemar KPop di Indonesia sangat besar.

Meski demikian, pria yang hobi fotografi ini menilai serbuan konser artis mancanegara tidak terlalu berpengaruh dengan eksistensi musisi lokal. Pasalnya, baik artis mancanegara maupun lokal sudah punya pasarnya masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini