nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eddy Gombloh dan Perjuangannya Melawan Pikun

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 09:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 07 33 2139147 eddy-gombloh-dan-perjuangannya-melawan-penyakit-pikun-di-tanah-yogja-6jFfhhFUJf.jpg Eddy Gombloh (Foto: Markus Yuwono/Okezone)

JAKARTA - Supardi atau kerap disapa Eddy Gombloh kini sudah jarang terlihat muncul di televisi. Padahal pada era 80-an, namanya cukup dikenal karena kerap nangkring di panggung hiburan Indonesia bersama Benyamin Sueb, Ratmi B-29, atau S. Bagio.

Kini Eddy Gombloh hidup jauh dari gemerlap panggung hiburan Tanah Air. Eddy memilih menghabiskan masa tuanya di daerah Turi, Sleman, Yogyakarta. Dia mungkin dilupakan orang kecuali mereka yang lahir dan besar saat pria yang kerap tapil plontos ini masih tenar. Sekarang, ia justru berjuang melawan penyakit pikun yang menggerogotinya.

Meski begitu, di rumahnya, pria 78 tahun ini sehari-harinya selalu santai bersama istrinya, Martina Lubalu, dan anak terakhirnya, Ayu Adina Anggraeni. Berbagai aktivitas ia lakukan demi melawan kepikunan. 

Baca juga: Hidup Sederhana, Aktor Edi Gombloh Tolak Jadi Pengemis

Eddy Gombloh

“Ya setiap hari begini saja beraktivitas agar tidak pikun,” ucapnya dalam sebuah wawancara.

Membuka warung dan berkebun menjadi pilihan Eddy untuk mengisi waktu luangnya di usia senja. Setiap hari, pelawak bertubuh gempal ini juga mengurus kebun salak bersama sang istri.

Meski kehidupannya jauh dari ingar-bingar industri hiburan, Eddy Gombloh tetap merasa bersyukur. Ia bahkan bangga karena tidak menggantungkan hidupnya pada orang lain di hari tuanya.

“Uang juga dicukup-cukupin untuk kebutuhan. Yang penting itu kan bersyukur, apa pun kondisinya. Jangan sampai menengadahkan tangan,” ucap Eddy.

Berkaca pada pengalamannya, pria yang lahir di Yogyakarta tiga tahun jelang Indonesia merdeka ini selalu berpesan agar artis-artis muda bisa menyisihkan penghasilannya untuk berinvestasi. Ia mengaku prihatin jika ada artis yang sempat berjaya namun merasakan penderitaan di masa tuanya.

Eddy Gombloh

Baca juga: Putus dari Billy Syahputra, Hilda Vitria Pacari Berondong 16 Tahun?

“Yang muda-muda sekarang ini jangan berfoya-foya, hidup sederhana, menabung, dan berinvestasilah untuk hari tua,” pesannya. (SUS)

Selain karena Yogyakarta adalah kota kelahirannya, Eddy Gombloh memang lebih suka suasana tenang yang ditawarkan Kota Gudeg ini untuk hari tuanya. Baginya, kota ini sangat cocok untuk dirinya yang memang sudah tak ingin berkompetisi di Ibu Kota.

"Kalau di Jakarta memang banyak peluang dibanding di Yogyakarta yang perputaran uangnya tidak terlalu kencang,” tutup Eddy.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Vitalia Shesya Geram Komentar Netizen Tentang Pose Seksinya di Medsos

Pose model cantik Vitalia Shesya. (Foto: Instagram @vitaliashesyareal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini