Selain Si Doel Ini, 5 Film Ikonik Benyamin Sueb

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 33 2138982 selain-si-doel-ini-5-film-ikonik-benyamin-sueb-I51GTCGLjX.jpeg Benyamin Sueb (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Meski kini Benyamin Sueb sudah tak ada, namun karya-karyanya dalam bentuk film tetap abadi untuk dikenang. Selama 45 tahun berkiprah di dunia hiburan, setidaknya pria asal Kemayoran ini sudah bermain dalam 55 judul film.

Benyamin Sueb selalu berperan apik di setiap filmnya. Dia pun bisa membawa peran yang dimainkan dalam film tersebut.

Tak heran jika pria kelahiran 5 Maret 1939 ini sempat mendapatkan piala citra melalui dua film hitsnya yakni Intan Berduri dan Si Doel Anak Betawi. Beriktut 5 film populer yang dibintangi oleh Benyamin Sueb:

Baca Juga:

Terungkap, Rizky Febian Ternyata Fans Berat Benyamin Sueb

Mengingat Lagi 4 Musisi Legendaris Indonesia di Hari Musik Nasional

Tematik Pelawak Legendaris

1. Banteng Betawi

Banteng Betawi merupakan film yang dibintangi Benyamin Sueb di awal-awal kariernya sebagai aktor. Film yang dirilis pada 1971 ini disutradari oleh Nawi Ismail.

Di film ini, Benyamin memerankan tokoh Bang Miun. Sementara tokoh utamanya yakni Pitung dan Aisah dimainkan oleh Dicky Zulkarnaen serta Paula Rumukoy.

Film ini sendiri bercerita mengenai kisah cinta Pitung dan Aisah yang harus kawin lari lantaran sebuah perjodohan. Di masa pelarian mereka, pasangan tersebut bersembunyi di kediaman Bang Miun.

Pada akhirnya, keberadaan Aisah pun diketahui oleh Demang, pria yang sebelumnya ingin menjadikannya sebagai istri kedua. Aisah pun akhirnya memutuskan untuk bunuh diri setelah digauli oleh Demang. Cerita ini berakhir dengan kematian Pitung lantaran ditembak oleh peluru emas.

2. Intan Berduri

Intan Berduri merupakan film pertama yang mengantar Benyamin S menyabet piala citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. Dalam film yang dirilis pada 1972 ini, Benyamin memerankan tokoh Jamal.

Jamal sendiri merupakan seseorang yang berkehidupan pas-pasan. Dia tinggal bersama sang istri, Saleha dan satu anaknya. Suatu hari, mereka menemukan intan di alat penangkap ikan yang sehari-hari digunakan.

Penemuan tersebut pun membuat geger masyarakat dan menjadikan keluarga Jamal kaya mendadak. Namun akhirnya diketahui jika intan tersebut masih terlalu muda untuk dibentuk, sehingga mereka pun kembali ke kehidupannya yang serba pas-pasan.

Selain Benyamin S, film yang sarat akan sindiran hidup ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris lainnya. Mereka adalah Rima Melati, Farouk Afero dan Yati Octavia.

Baca Juga:

Ifan Seventeen Ungkap Percakapannya dengan Mellya Juniarti Sebelum Bercerai dengan UAS

Billy Syahputra Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak Zul Zivilia

Tematik Pelawak Legendaris

3. Benyamin Biang Kerok

Sesuai judulnya, di film Benyamin Biang Kerok, Benyamin Sueb memerankan tokoh usil dan kerap membuat masalah. Dia memerankan tokoh Pengki, yang licik namun tetap jenaka.

Meskipun licik dan usil, namun Pengki sendiri terbilang seseorang yang beruntung. Pasalnya, dia selalu lolos atas masalah yang dia perbuat.

Namun, ulah satu-satunya yang tertangkap basah yaitu ketika dia mengencani dua gadis sekaligus. Dua wanita tersebut datang ke kediaman majikan Pengki yang diakuinya sebagai rumah pribadinya. Dari situlah, Pengki juga dipecat oleh sang majikan.

Film yang dirilis pada 1972 ini disutradarai oleh Nawi Ismail. Selain Benyamin, Benyamin Biang Kerok dibintangi oleh Ida Rohyani, Ellya Khadam dan Connie Sutedja.

4. Si Doel Anak Modern

Si Doel Anak Modern menjadi film kedua yang membuat Benyamin S kembali menorehkan penghargaan. Lewat perannya sebagai Doel, Benyamin Sueb berhasil kembali dinobatkan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang Piala Citra 1975.

Dalam film ini, Doel berusaha menjadi seseorang yang tampak modern sebagai usaha mengejar gadis kota bernama Kristin. Berbagai cerita menarik pun tersaji dalam perjalanan Doel itu.

Hingga pada akhirnya, Doel yang sudah sukses menyadari jika Kristin bukan wanita yang memilih pria dari hartanya. Kecewa, Doel pun melarikan diri dengan mengendarai sebuah mobil dan berujung pada kecelakaan.

Doel yang dirawat di rumah sakit lantaran kejadian tersebut pun tersadar. Dia mengatakan kapok untuk berusaha menjadi modern.

Baca Juga:

Marion Jola Pakai Baju Renang, Netizen Sindir Agnez Mo

Kuasa Hukum Bongkar Permasalahan Ustadz Abdul Somad dan Mellya Juniarti

Benyamin Sueb

5. Betty Bencong Slebor

Dalam film Betty Bencong Slebor, Benyamin S berhasil menggagalkan pernikahan Bokir dan Elvi Sukaesih. Betty yang diperankan oleh Benyamin S ini sendiri merupakan mantan asisten di kediaman Bokir.

Namun, Betty dipecat oleh Bokir lantaran terjerat kasus prostitusi. Setelah itu, tanpa sengaja, Betty pun bekerja menjadi asisten di rumah Elvi Sukaesih.

Di situlah, Betty mengetahui jika mantan majikannya yang sudah beristri itu berniat mempersunting Elvi. Bersekongkol dengan Elvi, Betty pun menggantikan wanita tersebut saat akan melangsungkan pernikahan dengan Bokir.

1
3
BERITA FOTO
+ 8

Potret Cantiknya Citra Kirana Kenakan Gaun Pengantin Putih

Citra Kirana tampil cantik dalam balutan gaun pengantin berwana putih. (Foto: Instagram @redberrywedding)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini