Demi Kesehatan, Rafael Tan Rela Lakukan Kardio 7 Kali Seminggu

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 26 November 2019 04:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 33 2134360 demi-kesehatan-rafael-tan-rela-lakukan-kardio-7-kali-seminggu-Hc67xnvHa5.jpg Rafael Tan (Foto: Instagram/@rafaell_16)

JAKARTA - Rafael Tan, salah satu personel boyband SM*SH, kini muncul dengan penampilan baru. Dibandingkan dulu, tubuh Rafael kini lebih berotot.

Baca Juga: Dapat Peran Cowok Feminin, Rafael Tan Takut Dicap Aneh-Aneh

Rafael smash

Pria yang dikabarkan sempat dekat dengan Tina Toon ini mengatakan bahwa tahun lalu ia sempat sakit hingga dirawat. Merasa tak nyaman dengan hal tersebut, Rafael pun bertekad untuk mengubah pola hidupnya, salah satunya dengan melakukan olahraga.

"Tahun lalu aku sering banget bolak-balik rumah sakit, kayak gampang drop, asam lambung udah parah banget sampai endoskopi segala. Terus aku cerita sama sahabat aku, apa ya, kenapa ya," ungkap Rafel, saat di temui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Rafael smash

"Ya mungkin karena emang metabolisme kita semakin bertambah umur kan semakin menurun jadi salah satunya gimana caranya supaya metabolisme stabil ya dengan olahraga, dia bilang kayak gitu," sambung Rafael.

Untuk memiliki badan yang bagus seperti saat sekarang, Rafael mengaku bahwa dirinya menjalani proses hampir satu tahun lamanya. Bahkan, ia sanggup mengubat lemak menjadi otot, dengan menurunkan badan sebanyak 4 kilogram saja.

"Waktu itu aku mulai Desember 2018 sekarang udah mau Desember 2019. Sebenarnya enggak turun banyak sih kiloan kayak cuma turun 4 kilo. Kalau turun terlalu banyak emang agak worry sih. Kita kan memang turun berat badan tapi dialihkannya ke otot, lemaknya jadi otot," paparnya.

Rafael dan Dicky smash

Dalam seminggu, Rafael mengungkap melakukan latihan kardio setiap hari dengan durasi 45 menit hingga satu jam.

Sementara untuk angkat beban, ia melakukannya selama enam hari dalam seminggu, dengan durasi satu hingga 1,5 jam.

Baca Juga: Susan Bachtiar Unggah Foto dengan sang Kakak, Donna Agnesia: Mirip Banget

"Latihan seminggu kalau kardio, emang setiap hari enggak pernah berhenti. Tapi kalau untuk angkat beban seminggu 6 kali. Jadi, istirahatnya sehari aja. Hari Minggu biasanya aku istirahat," jelasnya.

"Durasinya kalau kardio pagi-pagi 45 menit sampai 1 jam. Terus kalau angkat beban 1 jam sampai 1,5 jam. 1,5 jam paling lama, enggak terlalu lama," tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini