nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Pasal Santet di RUU KUHP, Mbah Mijan: Timbul Polemik Gaib

Alan Pamungkas, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 05:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 25 33 2109360 ada-pasal-santet-di-ruu-kuhp-mbah-mijan-timbul-polemik-gaib-cyrlf5mdeG.jpg Mbah Mijan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Paranormal selebriti Mbah Mijan turun bereaksi terhadap RUU KUHP. Mbah Mijan mengkritisi Pasal 252 tentang santet dan klenik di RUU KUHP.

Meski akrab dengan hal klenik dan mistis, Mbah Mijan menilai tak seharusnya pasal santet dan klenik masuk dalam undang-undang formil Indonesia. Sebab, jika dimasukan dalam undang-undang justru membuat keresahan di era modern saat ini.

Baca Juga:

Unggah Foto Agung Hercules, Mbah Mijan Kenang Kebersamaan dengan Almarhum

Fenomena Santet di Kalangan Artis, Ini Penerawangan Mbah Mijan

Mbah Mijan


“Padahal tanpa harus dibuat undang-undang, hal semacam ini akan tergerus dan punah dengan sendirinya. Di saat hampir separuh rakyat Indonesia berpikir modern, justru mereka diajak untuk berpikir tentang klenik kembali, ini kan lucu,” jelas Mbah Mijan kepada awak media.

Selain itu, Mbah Mijan menilai pasal santet dan hal klenik lainnya sulit dibuktikan dengan logika. Sehingga kemudian salah diartikan oleh orang awam. Dikhawatirkan pasal tersbut disalahgunakan.

"Pasal-pasal tersebut harus jelas dan spesifik dalam mendefinisikannya, sesuatu yang memiliki kekuatan gaib itu bagaimana, tolak ukurnya apa, lalu cara membedakan gaib dan tidak bagaimana?. ranah gaib disentuh, akan timbul polemik gaib pula," sambung Mbah Mijan.

Jika memang pemerintah ingin memasukan santet dalam hukum formil, Mbah Mijan berharap orang-orang ahli di bidang tersebut dilibatkan. Sebab akar budaya klenik di Indonesia beragam.

"Supranatural tidak pernah melawan negara, tidak pernah sentimen terhadap suku, ras maupun agama. Jadi risetnya juga harus melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya, jangan asal menentukan,” tutup Mbah Mijan.

Baca Juga:

4 Foto Syur Pamela Safitri, Awas Salah Fokus

Pamer Mobil Baru, Pelat Mobil Vanessa Angel Bikin Salah Fokus

Mbah Mijan


Seperti diketahui Pasal 252 Ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang dipidana dengan pidana penjara paling lama tiga tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV". Denda kategori IV ini sebagaimana disebutkan dalam Pasal 79 yakni membayar denda Rp200 juta.

1
2
BERITA FOTO
+ 8

Pesona Tato di Tubuh Seksi Tiga Setia Gara

Tato terlihat di lengan Tiga Setia Gara saat berada di kolam renang. (Foto: Instagram @tigawat)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini