Giliran Wartawan Unjuk Gigi di Gelaran Indonesia Kita

Edi Hardian , Jurnalis · Minggu 22 September 2019 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 22 33 2107836 giliran-wartawan-unjuk-gigi-di-gelaran-indonesia-kita-kj7dhaHPJi.jpg Teater "Toean Besar" (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kali ini para wartawan mendapat giliran unjuk gigi bermain teater dalam gelaran Indonesia Kita lakon 'Toean Besar' di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat hingga Sabtu (22/9/2019).

Mulai dari Putu Fajar Arcana yang juga salah satu tim kreatif Indonesia Kita. Wartawan Harian Kompas yang juga sastrawan ini tampil bersama teman-teman wartawan lain. Sebut saja Dwi Sutarjantono yang pernah menjadi Managing Editor Majalah Dewi dan Editor in Chief Majalah Esquire Indonesia.

Baca Juga: Pentas ke-33, Indonesia Kita Hadirkan Lakon Toean Besar

Toean Besdar

Ada juga presenter Berita Satu TV, Amie Ardhini. Wartawan Majalah HAi atai HAI-Online.com, Al Sobry. Benny Benke wartawan Suara Merdeka, dan Budi Adiputro wartawan CNN Indonesia.

Tampilan para kuli tinta ini tak kalah luwes atau lucunya dengan para komika seperti Boris Bokir, Akbar, atau Abdur Arsyad. Lebih seru lagi kali ini, Indonesia menampilkan kembali duet Inaya Wahid dan Mucle Katulistiwa yang nyaris mendominasi penampilan sepanjang acara.

Tentu saja duet abadi Cak Lontong dan Akbar selalu menjadi bintang di setiap penampilan Indonesia Kita. Mereka masih hadir meski tidak tampil mendominasi, tapi lawakan-lawakan segar ala Cak Lontong tetap membuat penonton sangat terhibur.

Sinopsis Lakon Toean Besar

Di sebuah Negeri, di dalam Istana, sedang terjadi kasak-kusuk. Ada kabar yang menggegerkan, seseorang yang disebut-sebut sebagai “Toean Besar” akan datang.

Kabar ini membuat panik banyak orang. Dari bawahan sampai Kepala Istana dipenuhi kesibukan bercampur rasa penasaran.

Toean Besar adalah seseorang dengan sosok yang misterius. Ada yang mengatakan, “Toean Besar adalah orang yang super kaya dan mau menggelontorkan modalnya untuk kepentingan rakyat”.

 Toean besar

Baca Juga: Alami Pengentalan Darah dan Janin Lambat Berkembang, Syahnaz Konsumsi 5 Obat

Ada pula yang menambahkan, “Toean Besar itu, selain kaya raya, juga ganteng dan bertubuh besar”.

Siapa sebenarnya Toean Besar, tak ada yang benar-benar mengetahui. Namun kasak-kusuk yang berlangsung pada akhirnya memicu timbulnya sikap saling mempengaruhi dan perilaku juga ikut berubah. Bermacam intrik dan kekonyolan mulai terjadi.

Untuk bisa bertemu Toean Besar, ada yang mengubah penampilan agar status sosial meningkat, ada pula yang nekat menyamar menjadi sang Toean Besar dan mengaku-aku dirinya sebagai Toean Besar.

Ketika orang mulai mengubah diri, tak hanya gaya dan penampilan, tetapi identitas diri dan sikap juga berubah.

Baca Juga: Blakblakan, Aaron Carter Klaim Diperkosa Kakak Kandung selama 3 Tahun

Ada yang semula bermusuhan berubah menjadi berteman, ada pula yang tadinya kompak, tiba-tiba menikung begitu melihat peluang. Mereka akhirnya saling berbohong dan saling menipu. Dan sejarahpun ikut dipermainkan, demi mencapai tujuan.

 

Ada yang spesial di lakon ini, bersama aktor dan komedian, para wartawan dari beberapa media nasional ikut tampil dalam pentas Toean Besar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini