Cerita Cici Panda Alami Pendarahan Hebat Sebelum Lahirkan Anak Kedua

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 20 33 2107397 cerita-cici-panda-alami-pendarahan-hebat-sebelum-lahirkan-anak-kedua-0LtC8xel07.jpg Cici Panda (Foto: Instagram @pandasuper)

JAKARTA - Presenter Cici Panda diketahui telah memiliki dua anak, Alika Annabelle Pandrya dan Kamala Madeline Pandrya hasil pernikahannya dengan Marcel Aditya pada Desember 2009 lalu. Soal jarak usia anak, dirinya dan sang suami diketahui memang telah berkomitmen untuk kembali menambah momongan setelah Alika berusia 4 tahun.

Rencana hanya tinggal rencana, pada 2015 yang seharusnya menjadi tahun bahagia Cici Panda dan suami lantaran diberikan anak kedua pun tak terlaksana. Pasalnya saat itu, Cici Panda divonis mengidap autoimmune atau peradangan syaraf di bawah kulit.

Mengetahui dirinya mengidap autoimmune, jelas membuat presenter 36 tahun ini berpikir akan kesulitan untuk kembali memiliki anak kedua. Namun ia mengaku pasrah dengan hal tersebut, dan berusaha bersyukur meski hanya memiliki Alika saja.

Ubah Pola Hidup dan Pindah Ke Bali

Cici Panda

Meski paham bahwa pengidap autoimmune sulit untuk bisa hamil, Cici Panda mengaku tetap berusaha dengan mengubah pola hidupnya ke arah yang lebih baik lagi. Bahkan, ia rela meninggalkan kota Jakarta untuk tinggal di Bali, dan berhasil hamil untuk yang kedua kalinya.

"Gak ada program khusus yang aku ikutin.. tapi memang lifestyle aku berubah sejak sakit autoimmune.. gak lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet, pewarna dan perasa... pun kalo lagi tergoda, hanya sebatas icip2.. Pola makan diperbaiki.. dan pola pikir diperbaiki.. karena kesehatan lahir dan batin semuanya saling terkoneksi..," ungkap Cici Panda saat itu.

Baca juga: Menetap di Bali, Cici Panda Sebut Kualitas Hidup Lebih Baik

"Setelah 8 bulan tinggal di Bali.. ehhhh aku hamidunnn! Makanya ampe test pack 5 kali karena rasanya kok gak percaya.. Tapi memang sejak pindah ke sini diriku jauhhhh lebih rileks dan less stress.. nanti kapan-kapan kuceritakan yaaaa gimana drama stress diriku pas masih di ibukota sampe kerjanya sariawan terus dan kalo tidur gigit lidah sendiri selama hampir 2 taun," tambah Cici Panda.

Alami Pendarahan

Cici Panda

Cobaan yang dialami mantan presenter Katakan Cinta tersebut, tak hanya sampai di situ. Hamil di usia 35 tahun membuat Cici Panda harus mengalami pendarahan.

Ia mengaku harus berangkat ke rumah sakit dengan menyetir mobil sendiri. Beruntung jantung sang jabang bayi masih berdetak, dan calon bayinya tersebut bisa dikatakan cukup sehat.

Baca juga: Ulang Tahun, Paula Verhoeven Dapat Gelang Seharga Mobil

"Tiba-tiba diriku pendarahan.. bener- bener keluar darah seger.. keluarnya cuma sekali seperti menstruasi tapi lumayan banyak..karena bikin celana jadi basah... Langsung deh dengan kaki gemeteran nyetir cus ke UGD.. kebetulan saat itu sipit senior lagi kerja, jd cuma berdua doank sama Alika. Selama perjalanan ke UGD dan sampe sana memang udah gak ada darah yang keluar.. bisa karena memang udah brenti pendarahannya atau karena "semuanya" udah keluar," jelasnya.

"Saat itu rasanya bener-bener pasrah.. sambil berharap si calon bayi masih ada.. Akhirnya 1 jam kemudian dokter kandungan ku dateng dan langsung di USG.. Thx God si janin masih ada.. langsung dehhhh brebes mili," sambungnya.

Istirahat Total

Cici Panda

Akibat kejadian tersebut, Cici Panda diketahui harus menjalani istirahat total, alias benar-benar tak boleh menyentuh pekerjaan rumah apapun. Bahkan ia sempat bingung bagaimana caranya mengurus rumah saat kehamilannya tak berada dalam kondisi normal.

"Karena kejadian pendarahan itu akhirnya dikasih penguat kandungan dan harus bedrest! Hoaaaaaa... sebuah kata yang mudah diucapkan dan sulit dilakukan. Langsung deh bingung sendiri. Kerjaan gimana? Rumah gimana? secara gak ada ART yang standby di rumah, cuma ada yg bantuin seminggu 3 kali buat bebersih rumah...duh Alika gimana? 9 anabulku piye?masa suami yang urusin semua?," paparnya.

Perlahan, ketakutan Cici Panda pun perlahan sirna. Ia mengaku terpaksa harus meminta tolong orang lain untuk membersihkan rumah. Bahkan mulai mengajari anaknya bagaimana cara membersihkan kotoran dari hewan peliharaannya.

"Akhirnya mulai pelan-pelan cari solusinya.. mulai dari hire orang untuk bersihin rumah setiap hari.. Alika dilatih buat bantuin bersihin pipis dan pup anabul (proud of you nak!).. sama tahan-tahanin liat kondisi rumah yang berantakan, karena dengan perpaduan 1 bocah dan 9 anabul sebenernya rumah gak bisa diberesin cuma sekali sehari," tukasnya.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini