nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merajut Nusantara 2019: Potret Kemajemukan Indonesia

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 21:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 03 205 2100285 merajut-nusantara-2019-potret-kemajemukan-indonesia-dvTcPK5Ylb.jpg Pentas seni dan budaya Merajut Nusantara 2019. (Foto: Okezone/Ady Prawira Riandi)

JAKARTA - Pentas seni dan budaya Merajut Nusantara 2019 berlangsung meriah pada 2 September 2019. Acara yang digelar di Monumen Nasional (Monas) ini bertujuan untuk menunjukkan kerukunan di tengah keberagaman suku dan budaya Indonesia.

Kemeriahan acara semalam dibuka dengan penampilan pedangdut Inul Daratista yang melantunkan Buaya Buntung. Beberapa tarian nasional seperti Tari Kecak (Bali), Tari Fu (Papua), Tari Enggrang (Kalimantan), dan Tari Ratu Jari (Aceh) turut ditampilkan dalam acara tersebut.

Inul Daratista tampil di panggung Merajut Nusantara 2019. (Foto: Instagram/@inul.d)

Para pembawa acara Merajut Nusantara 2019 juga mencerminkan keberagaman suku dan budaya Indonesia. Ria Ricis misalnya, berbalut pakaian adat Jawa sementara Ade Mumu mengenakan kostum Papua. Hal serupa juga dilakukan para host lainnya, seperti Nirina Zubir, Arie Kriting, dan Ari Dagienkz.

"Dengan keberagaman ini, bukan berarti kita saling bermusuhan dan saling mencela. Justru, kita harus bergandengan tangan sebagai bangsa,” ujar Nirina Zubir.

Baca juga: Sukses Kolaborasi Perdana, Yovie Widianto Sebut Inul Daratista sebagai Diva

Pernyataan itu disambung Arie Kriting yang mengatakan, “Kita patut berbangga karena kita NKRI. Jadi apapun ras, suku, atau agamaMu, kita semua Indonesia!”

Pentas budaya Merajut Nusantara 2019 untuk Indonesia satu. (Foto: Okezone/Ady Prawira Riandi)

Edo Kondologit menjadi penyanyi asal Papua yang turut memeriahkan Merajut Nusantara 2019. Ia berharap, pentas seni tersebut bisa menyadarkan kembali masyarakat bahwa persaudaraan dalam keberagaman adalah hal yang indah.

“Seni adalah hal yang indah dan menyentuh batin. Harapannya, apa yang ditampilkan malam ini bisa menunjukkan kepada saudara-saudara dari Sabang sampai Merauke bahwa kita Indonesia,” ujarnya.*

Baca juga: MNC Pictures Angkat Kisah Ranah 3 Warna ke Layar Lebar

1
2
BERITA FOTO
+ 6

Aksi Panggung Band Kotak di Jakarta Muharram Festival 2019

Band Kotak tampil pada panggung Jakarta Muharram Festival 2019 di Bundaran Hotel Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini