nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Fakta Menarik Konser Westlife di Kuil Sam Poo Kong

Alan Pamungkas, Jurnalis · Senin 02 September 2019 01:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 02 205 2099385 4-fakta-menarik-konser-westlife-di-kuil-sam-poo-kong-1xA69wGiSk.jpeg Konser Westlife di Kuil Sam Poo Kong (Foto: Rajawali Indonesia)

SEMARANG - Westlife menutup rangkaian tur WESTLIFE The Twenty Tour di Kuil Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Minggu 1 September 2019. Konser ini begitu berkesan karena dihelat di tempat penuh dengan nilai budaya.

Sederet fakta unik berhasil ditorehkan Westlife ketika menutup konser di Semarang. Fakta yang membuat optimis industri musik Indonesia di mata musisi dunia. Berikut fakta unik Westlife seperti rilis yang diterima Okezone:

Baca Juga:

Westlife 'Hadirkan' Queen di Candi Borobudur

Senyum Bahagia Westlife Jelang Konser di Magelang


1. Tiket habis dalam hitungan 3 menit

 Westlife, Foto: Promotor Konser Rajawali Indonesia

Semarang di mata promotor musik merupakan kota yang unik karena memilik selera musik yang beragam. Bintang besar belum menjadi jaminan tiket akan habis terjual. Rajawali Indonesia selaku promotor pun mempunyai risiko besar ketika mendatangkan Westlife.

Namun ternyata antusiasme tinggi Westlife membuat promotor bisa bernapas lega. Tiket bisa habis terjual hanya dalam hitungan menit. Berbeda dari konser musisi besar sebelumnya yang belum tentu habis hingga konser berlangsung.

"Lebih dari 6 ribu tiket seharga Rp 750 ribu sampai Rp 2,5 juta habis dalam waktu tiga menit. Kemudian kami promotor menambah kuota untuk (tiket konser) Platinum dan Gold yang dijual secara on the spot," jelas Anas Syahrul, CEO Rajawali Indonesia promotor konser Westlife.

2. Berlangsung di tempat petilasan Laksamana Cheng Ho

Westlife, Foto: Promotor Konser Rajawali Indonesia

Kuil Sam Poo Kong adalah klenteng yang dibuat untuk menghormati Laksmana Cheng Ho yang beragama Islam dan pasukannya yang beragam ketika datang ke Tanah Jawa.

Berlangsungnya konser Westlife di Kuil Sam Poo Kong menurut promotor adalah paduan tiga mahakarya, yakni, mahakarya Westlife yang merupakan boyband popler di era 2000-an, mahakarya masyarakat Jawa dan mahakarya budaya saling menghormati antara umat beragama di Semarang.

“Saya kira apa yang terjadi pada malam hari ini adalah sebuah proses kolaborasi dari tiga mahakarya, yaitu mahakarya Kuil Sam Poo Kong, mahakarya masyarakat Jawa, dan juga mahakarya musik yang dimiliki oleh Westlife. Bagi saya, hal seperti ini harus tetap terus berlanjut di Semarang, agar nantinya salah satu kota besar di Indonesia ini akan terangkat namanya ke dunia internasional,” jelas Anas.

3. Penutup konser reuni di Indonesia

Westlife, Foto: Promotor Konser Rajawali Indonesia

Westlife menjalani tur untuk memperingati 20 tahun reuni dalam tajuk WESTLIFE The Twenty Tour. Shane Filan, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily pertama kali menghelat konser di Belfast, Irlandia Utara pada 22 Mei 2019. Lebih dari 50 show telah ia hadirkan dalam tajuk konser reuni ini.

Di Indonesia sendiri, Westlife sebelumnya tampil di Jakarta dan Palembang. Penampilan Westlife makin pecah ketika hadir di Candi Borobudur, Magelang dan Kuil Sam Poo Kong, Semarang. Di kuil inilah, Westlife menutup rangkaian tur di Indonesia sebelum ditutup resmi di pada 15 September di BBC Radio 2 Live in Hyde Park, London.

4. Membawa pesan damai

Westlife, Foto: Promotor Konser Rajawali Indonesia

Akulturasi budaya kental di Kota Semarang. Maka dari itu, penampilan Westlife di Kuil Sam Poo Kong bukan hanya untuk menghibur semata tetapi juga untuk menyampaikan nilai-nilai perdamaian.

Yang paling menarik konser Westlife di Sam Poo Kong penuh message karena ada akulturasi tiga budaya, China, Jawa dan internasional. Jadi sebenarnya menggabungkan tiga karya. Saya kira ini message kondisi bangsa kita, teman-teman Papua, kita punya rasa yang sama. Kita punya niat baik melakukan branding terhadap Kota Semarang di tingkat internasional dengan cara diplomasi budaya di bidang musik," kata Anas Syahrul Alimi.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Westlife Siap Ajak Fans Bernostalgia dalam Westlife-The Twenty Tour 2019

Boy band asal Irlandia, Westlife bakal menyapa fans di Indonesia lewat konser bertajuk "Westlife-The Twenty Tour 2019". (Foto: Instagram @westlife)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini