Share

Miliki Garis Keturunan RM Titro Adhi Soerjo, Keluarga Dewi Yull Tak Mau Jadi Politikus

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 33 2093268 miliki-garis-keturunan-rm-titro-adhi-soerjo-keluarga-dewi-yull-tak-mau-jadi-politikus-wlcstNglJx.jpg Dewi Yull (Foto: Instagram @dewiyullofficial)

JAKARTA - Dewi Yull merupakan keturunan ketiga dari dari RM Tirto Adhi Soerjo. Bapak pers nasional tersebut diketahui menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama RM Priatman, yang merupakan kakek dari Dewi Yull.

Bukan hanya merupakan keturunan dari RM Titro Adhi Soerjo yang diketahui adalah keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon. Dewi Yull juga merupakan keturunan kerajaan Sriwijaya. Pasalnya, ibunda dari Dewi, Masayu Devi Hetimawati, merupakan keturunan bangsawan Melayu Palembang.

Baca Juga: Bangga ! Putra Dewi Yull Diterima di Rochester Institute of Technology

 dewi yull

Sosok RM Tirto yang kritis dan berani mengkritik pedas pada pemerintah kolonial Belanda, membuat dirinya harus dibuang ke Pulau Bacan, Maluku Utara. Hal tersebut bahkan diakui Dewi Yull sempat diceritakan secara turun temurun oleh keluarga.

Sikap RM Tirto yang kritis dan berani memperjuangkan kebernaran, rupanya membuat keturunannya tak ada yang mau menjadi seorang politisi atau bahkan berniat untuk mendirikan Partai.

Baca Juga: Senyum Bahagia Dewi Yull Sambut Prestasi Putra Tercinta

 Dewi Yull

"Itulah kenapa diantara keturunannya, jarang ada yang ingin berpartai. Kebanyakan jadi dokter, akademisi, atau terjun ke seni. Ada juga yang melanjutkan jejak dibagian jurnalistik," ungkap rekan duet Broery Marantika, pada 2016 silam.

"Kami tetaplah berjuang dengan cara kami sendiri," sambungnya.

Saat ini, tulisan dari RM Tirto dalam Medan Priaji masih tersimpan rapi di museum Belanda dan Prancis. Akan tetapi, pemerintah kala itu sengaja mengancurkan kiprahnya lantaran dianggap sebagai orang paling berbahaya di Hindia Belanda.

Baca Juga: Anak Galih Ginanjar Dibully, Barbie Kumalasari Salahkan Fairuz

Hingga akhirnya sosok RM Tirto menjadi inspirasi dalam penulisan Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer.

 

Sosok Minke dalam buku milik Pram tersebut diketahui merupakan adaptasi dari pengalaman hidup seorang jurnalis pribumi Indonesia pertama, yakni R.M. Tirto Adi Soerjo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini