Share

Iwan Fals, Once & Fiersa Besari Nyanyikan Ibu Pertiwi, Netizen: Merinding

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 17 205 2093184 iwan-fals-once-fiersa-besari-nyanyikan-ibu-pertiwi-netizen-merinding-BmNwZWtZJe.jpg Iwan Fals, Once, dan Fiersa (Foto: Youtube Falcon)

JAKARTA Iwan Fals, Once dan Fiersa Besari didapuk untuk membawakan lagu nasional, Ibu Pertiwi. Ini juga menjadi soundtrack dalam film Bumi Manusia yang rilis pada 15 Agustus 2019.

Video klip Ibu Pertiwi yang telah dirilis di YouTube sejak 12 Agustus silam, sukses menyita perhatian 1,4 juta viewers di YouTube. Bahkan pantauan Okezone, Sabtu (17/8/2019) lagu tersebut sudah masuk trending di urutan ke-40.

Baca Juga: Tanpa Fiersa Besari, Iwan Fals & Once Bawakan Ost Bumi Manusia secara Live

 Iwan Fals

Mengawali video klip tersebut, tampak Iwan Fals berada di sebuah ruang baca sambil membuka album foto. Dengan suaranya yang khas, pria 57 tahun itu menunjukkan ekspresi wajah kesedihan saat menyanyikan bait demi bait lagu Ibu Pertiwi.

Potongan adegan di film Bumi Manusia pun dihadirkan, bagaimana sosok Minke, seorang pribumi yang mendapat kesengsaraan di negerinya sendiri. Hingga Annelies, perempuan keturunan Belanda yang jatuh hati pada Minke.

Melanjuti nyanyian tersebut, Once tampak berdiri di samping jendela, melanjuti bait lagu Ibu Pertiwi. Sampai kemudian Fiersa Besari yang duduk termenung, namun lewat suaranya terdengar semangat untuk bisa membanggakan Tanah Airnya, Ibu Pertiwi.

Mengulang lirik Ibu Pertiwi, Iwan Fals, Once dan Fiersa Besari menggabungkan suara mereka. Sampai pada penutup lagu tersebut, hadirlah sosok Pramoedya Ananta Toer dalam sebuah foto.

Baca Juga: Ucapan Bahagia Iwan Fals Menjadi Bagian Karya Pramoedya Ananta Toer

 Iwan Fals

Video klip berdurasi 5 menit 17 detik ini menuai banyak apresiasi dari warganet yang melihatnya. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang merinding saat melihat tayangan tersebut.

“Mencoba membenturkan ego vokalnya. Bang Iwan serak basah, Once dengan suara cemprengnya, Fiersa Besari lewat cengkoknya. Kolaborasi yang baik,” komentar netizen.

“Merinding! Kolaborasi tiga generasi, Iwan Fals tahun 90an, Once di tahun 2000an, dan Fiersa 2010. Epic!” sahut lainnya.

Baca Juga: Selain Cicit HOS Tjokroaminoto, Maia Estianty Juga Cucu Istri Pertama Soekarno

Sebelum lagu ini rilis, Iwan Fals yang ditemui dalam gala Premiere Bumi Manusia di Surabaya mengungkapkan rasa bahagia bisa menjadi bagian untuk mengingatkan sejarah.

“Saya senang bisa terlibat dalam karya Pramoedya Ananta Toer, apalagi lagunya yang juga mengingatkan kembali untuk mencintai Ibu Pertiwi,” ujar IwanFals pada 9 Agustus lalu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini