Share

Meriahkan Music Summit M20, Iwan Fals Bawa Pesan Perdamaian

Selvianus, MNC Portal · Rabu 02 November 2022 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 205 2699167 meriahkan-music-summit-m20-iwan-fals-bawa-pesan-perdamaian-M2h7l0ZYdF.jpg Iwan Fals (Foto: MPI)

JAKARTA - Iwan Fals turut menggebrak music summit (M20) dihelat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Konser diikuti Iwan Fals ini merupakan puncak penyelenggaraan M20 Summit Conference (KTT) pada 31 Oktober kemarin.

Musisi legendaris mengawalinya dengan membawakan lagu Kabar Aroma Tanah, baru saja dirilisnya beberapa waktu lalu. Lagu Kabar Aroma Tanah sendiri mengandung pesan cinta untuk ibu bumi yang harus selalu dijaga kesehatan dan kelestariannya.

Sebelum membawakan lagu, musisi 61 tahun berpesan semoga penonton hadir menonton dirinya manggung, dapat diberikan kesejahteraan.

Iwan Fals

"Oi sampai ditonton sama 5 miliar. Mudah-mudahan 5 miliar sejahtera,"kata Iwan Fals dalam konser di Music Summit (M20), digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (1/11/2022).

Lagu terdapat potongan lirik yang begitu bermakna, "Segera, bersegeralah untuk memperbaiki yang terlanjur rusak," itu berhasil membuat penonton tersentak. Ikut bernyanyi bersama sang musisi, begitu menggelegar suaranya.

Puncaknya Iwan Fals menutupnya dengan membawakan lagu Bongkar, lagu dirilis pada tahun 1989. Dengan memiliki pesan penting terhadap perubahan dan kritikan terhadap kebijakan-kebijakan diterapkan oleh pemerintah pada saat zaman orde baru (orba).

Cukup sukses menghibur penonton hadir dalam konser M20. Sebelum membawakan lagu tersebut, Iwan Fals berharap KTT G20 bakal digelar tanggal 15-16 November 2022 di Pulau Dewata Bali. Dapat memberikan perdamaian terutama Ukraina dan Rusia, saat ini masih berseteru.

"Di samping mensejahterakan warganya harapan saya, KTT G20 bisa mendamaikan anggota-anggotanya nakal-nakal itu. Gimana mau berharap Ukraina Rusia bisa damai, sangat mengganggu, susahkan. Suksesnya paling jualan senjata,"ujar Iwan Fals

"Kasihan anak-anak kita, harapan saya semoga KTT G20 menjadi rumah yang teduh, nyaman dan damai,"imbuhnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Lagu dirilis pada tahun 1989 sukses membuat penonton ikut bernyanyi. Tak cuma bernyanyi, sebagian berdiri sekaligus menyanyikan lagu yang melegenda di musik di tanah air.

Konser malam puncak Music Summit (M20) selain dimeriahkan Iwan Fals, sejumlah musisi papan atas ikut memeriahkan acara tersebut diantaranya Slank, Kahitna, Once, Isyana X Deadsquad, Dira Sugandi. Dalam acara ini dilakukan pembagian Komunike hasil Music M20 Summit sebelumnya terdapat 17 orang artis musisi.

M20 adalah side event dari G20/2022, bahkan sekitar 400 musisi lain serta penggiat musik lainnya. Dengan menyuarakan isu iklim dan musik dalam gagasan Music Summit (M20).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini