nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diizinkan Keluarga Pram, Hanung Bramantyo Resmikan Museum Bumi Manusia

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 19:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 13 206 2091499 diizinkan-keluarga-pramoedya-ananta-toer-hanung-bramantyo-resmikan-museum-bumi-manusia-JdB843yc7P.jpg Peresmian Museum Bumi Manusia (Foto: Vania/Okezone)

SLEMAN - Sutradara Hanung Bramantyo telah membuka secara resmi Museum Bumi Manusia pada Selasa (13/8/2019). Museum tersebut berdiri di atas set film Bumi Manusia, di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Jelang Penayangan Bumi Manusia, Hanung Bramantyo Sulit Tidur hingga Uring-uringan

Dibangunnya Museum Bumi Manusia telah mendapat persetujuan dari keluarga Pramoedya Ananta Toer selaku penulis novel fenomenal tersebut. Set rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies Mellemamenjadi bangunan dari museum yang dibuka mulai hari ini.

Museum Bumi Manusia

"Nama museumnya sebenarnya Museum Bumi Manusia, bukan Annelies. Bumi Manusia juga kalimat kata yang di diciptakan pak Pram itu," ungkap Hanung Bramantyo saat ditemui di lokasi syuting Bumi Manusia, di kawasan Sleman, Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).

Museum Bumi Manusia 2

"Karena kita sudah menggunakan tempat ini kembali, tidak untuk mengkomersilkan, hanya untuk kepentingan bu Astuti (putri Pramoedya Ananta Tour), kita minta izin ke bu Astuti. Karena kita melakukan pembersihan ini pun juga atas saran dari Bu Astuti," lanjut Hanung.

Awal mula Hanung memiliki ide untuk membangun Museum Bumi Manusia bisa dikatakan cukup unik. Berawal dari dirinya yang diminta oleh putri Pramoedya Ananta Toer membersihkan set rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies, suami dari Zaskia Adya Mecca ini langsung memiliki ide membangun museum untuk mengenang karya Pramoedya Ananta Toer.

Museum Bumi Manusia 3

"Pada saat datang ke sini, 'Tolong dibersihkan' (pinta bu Astuti). Daripada saya sapu dan pel saja, sekalian saja saya hidupkan, saya kembalikan lagi menjadi set Bumi Manusia, biar para pecinta Pak Pram terus ingat kita," jelasnya.

"Ini sebagai sebuah monumen. Ini juga bukan tanah pribadi saya, jadi tidak ada kepentingan pribadi apapun sebetulnya pada tempat ini," sambung Hanung.

Sementara itu, Astuti Ananta Toer selaku putri dari Pramoedya Ananta Toer mengungkap rasa senang dan bahagianya lantaran kini banyak orang yang mengenal sosok sang ayah. Apalagi kini sudah dibangun museum untuk mengenang almarhum.

Baca Juga: Lucinta Luna Berbikini, Penampilan sang Pacar Jadi Sorotan

"Pertanyaannya terlalu dalam ya. Saya kalau ada orang yang bisa memperkenalkan Pram saja saya sudah terima kasih. Apalagi dibuatkan tempat seperti ini, saya sudah terima kasih banyak sekali," jelas Astuti Ananta Toer.

1
3
BERITA FOTO
+ 5

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau

Acara penghargaan tersebut berlangsung di gedung Macau Cultural Center, Makau, Tiongkok. (Foto: instagram iqbaal.e)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini