nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarbis Ribowo, Pengunggah Foto Pocong di Google Maps Berikan Klarifikasi

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 09:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 01 33 2086228 tarbis-ribowo-pengunggah-foto-pocong-di-google-maps-berikan-klarifikasi-5KGgWKX37m.jpg Tarbis Ribowo dalam telewicara dengan Raditya Dika (Foto: YouTube)

JAKARTA – Kemunculan pocong dalam foto google map street di daerah Dukuh Kali Bener, Kedungwaru Kidul, Jawa Tengah masih menimbulkan tanda tanya. Beruntung, Raditya Dika berhasil menemukan Tarbis Ribowo, sosok pengunggah foto dan meminta klarifikasi.

Baca Juga: Viral Penampakan Pocong di Google Maps, Raditya Dika Lakukan Investigasi

Tarbis Ribowo menjelaskan jika foto itu diambil tahun 2017, saat ia ingin memotret pemandangan bintang alias milky way dengan foto360. Menurutnya, agar langit terlihat cerah, ia harus mencari lokasi yang minim cahaya supaya bisa mendapatkan foto bintang tersebut.

Raditya Dika

“Saya menuju ke tempat yang sepi sekira jam 9 malam dan tidak merasakan kesan mistis. Memang hanya ada pengendara motor dan petani, tapi itupun wajar di desa kami,” kata Tarbis mengawali cerita dalam rekaman suara yang ditayangkan Raditya Dika, Rabu (31/7/2019).

Tarbis kemudian mengambil beberapa foto yang fokus terhadap langit dan bukan keadaan di sekitar jalanan. Pulang dari lokasi sekira pukul 10 malam, Tarbis langsung mengedit fotonya untuk menambahkan efek terang dan tajam pada langit malam.

Tarbis Ribowo

“Setelah saya puas dengan hasilnya, baru saya unggah ke google maps street sebagai kontributor,” lanjut Tarbis.

2 Tahun berselang, foto yang diunggah Tarbis itu kini viral. Tarbis Ribowo sendiri awalnya tidak menyadari jika itu foto miliknya sampai banyak pesan WhatsApp dan pertanyaan netizen di Instagramnya.

Foto pocong di Google Map

“Sadarnya dikasih tahu sama teman, dan dikirim screenshoot foto. Benar itu foto saya. Tapi memang pada saat mengedit saya hanya fokus ke langit, enggak sampai menambahkan yang dibilang pocong editan,” jelas Tarbis.

(LID)

BERITA FOTO
+ 8

Kuntilanak hingga Pocong Berkeliaran di TPS 073 Lebak Bulus

Berbagai jenis hantu ditampilkan anggota KPPS, seperti kuntilanak, pocong, valak dan vampir.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini