nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Iwan Fals, Once & Fiersa Besari Bawakan Lagu Ibu Pertiwi untuk Bumi Manusia

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 07:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 26 205 2083729 iwan-fals-once-fiersa-besari-bawakan-lagu-ibu-pertiwi-untuk-bumi-manusia-Cth5oUp4La.jpg (Foto: Rena/Okezone)

JAKARTA - Fiersa Besari, Once Mekel dan Iwan Fals didapuk untuk menjadi penyanyi soundtrack film Bumi Manusia. Mereka akan membawakan lagu nasional Ibu Pertiwi yang akan diaransemen ulang oleh komposer Purwacaraka.

Pemilihan Fiersa Besari, Once Mekel dan Iwan Fals bukan tanpa alasan. Menurut Frederica, Produser film Bumi Manusia, tiga penyanyi itu menjadi sosok yang mewakili generasi mereka masing-masing.

"Film ini dimainkan Iqbaal Ramadhan sebagai generasi milenial. Tapi kan novelnya itu juga dibaca oleh angkatannya mas Iwan Fals. Jadi tiga penyanyi ini mewakili penikmat Bumi Manusia di masing-masing generasi," kata Frederica di Gedung Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis 25 Juli 2019.

Baca juga: Batal Konser di Hari Ultah Jakarta, Iwan Fals: Ini Semua Ada Hikmahnya

Iwan Fals dkk

Menyambut tawaran untuk mengisi soundtrack Bumi Manusia, Iwan Fals yang pertama kali dipinang langsung menyatakan kesediaannya. Lantaran melihat karya sastra yang melegenda serta orang-orang yang terlibat dalam film tersebut.

"Senang sekali ada di dunia kreatif ini, apalagi lagunya juga Ibu Pertiwi. Wah kebayang saja gimana harunya lagu itu ditambah kisah dari film Bumi Manusia yang dikerjakan oleh Hanung Bramantyo," kata Iwan.

Perasaan senang juga turut dirasakan oleh Once Mekel dan Fiersa Besari. Bahwa menurut mereka akan disayangkan jika tidak mengambil peran dari karya sastra dari Pramoedya Ananta Toer.

"Saya percaya kesempatan hebat tidak akan dua kali. Maka saat ditawari untuk mengisi soundtrack, saya enggak pikir panjang menerimanya," jelas Fiersa.  

Sementara itu Hanung Bramantyo, Produser film Bumi Manusia mengatakan jika pemilihan lagu Ibu Pertiwi ini tanpa disengaja. Berawal dari keisengannya membuka YouTube, secara tidak sengaja, ia mendengar lagu nasional tersebut yang dirasa cocok untuk menggambarkan film tersebut.

"Lirik lagu di awal kan 'Ku lihat Ibu Pertiwi, sedang bersusah hati'. Itu bisa merepresentasikan kondisi pribumi saat itu yang sedang terpuruk," kata Hanung.

Baca juga: Shafa Harris Sexy Berbikini, Netizen: Bastian Steel Menang Banyak

Mengetahui jika akan ada tiga penyanyi lintas generasi seperti Fiersa Besari, Once Mekel dan Iwan Fals, suami Zaskia Adya Mecca ini pun optimis. Jika lagu yang diharapkannya akan membawa suasana haru bisa tersampaikan kepada penonton.

"Masing-masing penyanyi ini punya karakter kuat untuk bisa mendalami lagu. Jadi saya enggak khawatir lagi akan seperti apa lagu ini nantinya," imbuh Hanung.

1
2
BERITA FOTO
+ 6

Paling Banyak Dicari di Google, Iwan Fals Gelar Konser Mini

Musisi Iwan Fals beryanyi dalam konser mini di Jakarta, Selasa (7/3/2017). Iwan Fals menempati urutan pertama musisi yang paling dicari di fitur pencarian Google Indonesia. Google kembali memperkenalkan inovasi fitur pencarian konten musik di Google App untuk perangkat mobile. Fitur ini pertama kali dikembangkan Google APP, agar masyarakat lebih mudah mencari detail tentang idola setiap orang dan pengetahuan apapun yang diinginkan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini