Suzzanna, Ratu Film Horor yang Diselimuti Misteri

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 26 33 2083892 suzzanna-ratu-film-horor-yang-diselimuti-misteri-2AMHo5fzhf.jpeg Suzzanna (Foto: Ist)

JAKARTA – Penggemar film horor Tanah Air tentu tak asing saat mendengar nama Suzzanna. Ya, selama berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air, Suzzanna mendapat label sebagai ratu film horor.

Julukan tersebut diberikan kepada Suzzanna karena dia telah bermain di belasan judul film horor di sekitar 1970-1990an. Beberapa film horornya yang terkenal yakni Beranak dalam Kubur, Nyi Blorong dan Malam Satu Suro.

Baca Juga:

Bikin Salah Fokus, Ini 4 Foto Vulgar dan Sexy Kimi Hime

Bersama Pacar Baru, Lucinta Luna Ngaku Kuat 50 Ronde

Suzzanna


Suzzanna Martha Frederika Van Osch lahir di Bogor pada masa penjajahan Jepang tepatnya 14 Oktober 1942. Dia terlahir dari seorang ibu bernama Johanna van Osch dan ayah Willem van Osch.

Suzzanna mengawali kariernya sebagai aktris dalam film berjudul Darah dan Doa di usianya yang menginjak 8 tahun. Delapan tahun berselang, Suzzanna kembali memperlihatkan bakat aktingnya dalam film Asrama Dara yang semakin membawanya pada puncak popularitas.

Suzzanna

Setahun setelah membintangi Asrama Dara, Suzzanna dipersunting oleh suami pertamanya, Dicky Suprapto yang juga berprofesi sebagai aktor dan sutradara. Dari pernikahan tersebut, Suzzanna dan Dicky Suprapto dikaruniai dua orang anak yaitu Ari Adrianus yang kemudian meninggal di usia 17 tahun dan Kiki Maria.

Eksis hingga usia Senja

Rumah tangga Suzzanna dan Dicky Suprapto kandas dalam usia pernikahan ke-17 tahun. Setelah bercerai dengan Dicky, Suzanna kembali membangun biduk rumah tangga bersama Clift Sangra yang terpaut usia 23 tahun lebih muda darinya.

Baca Juga:

Perjuangan Dennis Hadi Lunasi Utang Rp2 Miliar dengan Jualan Nasi

Bunga Citra Lestari Menyesal Pernah Menolak Ariel Noah


Karier Suzzanna semakin melejit berkat film-film horor yang dia bintangi. Aktingnya dalam film horor sukses mebuat para penonton bergidik ngeri saat Suzzanna memerankan tokoh hantu.

Ibu 2 anak itu pun menghentikan karier di dunia perfilman pada 1991 dalam Ajian Ratu Laut Kidul. Meskipun demikian, sang Ratu Film Horor tersebut tetap eksis di layar kaca lewat sinetron Selma dan Ular Siluman yang ditayangkan RCTI pada 2003 serta bermain dalam film terakhir Hantu Ambulance pada 2008.