nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Slamet Rahardjo Tampil Prima Selama 4 Jam di Pentas Goro-Goro: Mahabarata 2

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 23:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 25 206 2083661 slamet-rahardjo-tampil-prima-selama-4-jam-di-pentas-goro-goro-mahabarata-2-u47OmV44Ku.jpg Pertunjukan Teater Koma di TIM Jakarta (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Slamet Rahardjo terlibat dalam pentas teater Koma bertajuk Goro-Goro: Mahabarata 2 yang tampil 11 hari penuh sejak Kamis 25 Juli - 4 Agustus 2019. Bertempat di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Slamet bermain bersama 45 pelaku teater.

Selama lebih dari 4 jam, pentas teater itu ditampilkan, Slamet Rahardjo dengan usianya yang sudah menginjak 70 tahun tampil prima. Meski tidak seluruh babak, namun hingga akhir pementasan Slamet masih gagah dengan busana Batara Guru, tokoh yang diperankan.

"Baju ini beratnya sekitar 1,5 kg. Tapi tampil beberapa babak bukan masalah buat saya," kata Slamet usai pementasan.

Slamet Rahardjo menyebutkan jika rasa cinta terhadap teater membuatnya bekerja dengan hati. Maka meski tampil dengan beban baju serta harus standby 4 jam, dianggap Slamet sebagai bukti profesionalisme pekerjaan.

Baca juga: Ogah Berlama-lama, Permintaan Khusus Slamet Rahardjo Main Pentas Teater

Teater Koma

"Sebelum tampil kan sudah dibriefing akan seperti apa durasinya, main berapa lama, sampai hal kecil. Jadi saat tampil harus terlihat dengan stamina yang fit," lanjut Slamet.

Bagi Slamet Rahardjo, satu hal kunci untuk menjaga stamina adalah istirahat cukup dan teknik pernapasan yang baik. Selama latihan kurang dari 3 bulan, dua hal itu dianggap ampuh.

"Saya main teater sudah puluhan tahun lalu, bicara dengan teknik perut itu yang saya lakukan. Jadi kan bisa terdengar berat dan untuk menopang tegak badan kalau pakai suara perut," jelas Slamet.

Ia menambahkan, "Istirahat 8 jam, makan sehat seperti itu saja. Karena ini tampilnya malam jadi jaga staminanya pagi sampai siang,".

Salah satu penonton, Nana mengaku kagum dengan penampilan prima dari Slamet Rahardjo. Karena ia menganggap bukan hal mudah untuk menjaga stamina apalagi di usia Slamet kini.

"Bisa dilihat banyak pemain muda, tapi pak Slamet juga mengimbangi dengan mimiknya yang maksimal dan di akhir pentas masih bisa tersenyum. Bagi saya itu luar biasa," puji Nana.

Teater Koma

Baca juga: Furry 'Indigo' Sebut Sosok Ini Lindungi Juliana Moechtar saat Kecelakaan

Dalam pentasnya, Batara Guru dikisahkan adalah seorang dewa yang cintanya ditolak oleh Dewi Lokawati kemudian mengutuk sang dewi menjadi padi. Di sinilah menjadi kisah cikal bakal tumbuhnya padi yang kini dinikmati oleh umat manusia.

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Aksi Slamet Rahardjo Bacakan Penggalan Karya Pramoedya Ananta Toer

Aktor senior Slamet Rahardjo membawakan catatan seorang sastrawan Pramoedya Ananta Toer saat pembukaan pameran "Namaku Pram: Catatan dan Arsip" di Jakarta, Selasa 17 April 2018.Pameran ini menampilkan sosok Pram yang bukan hanya sebagai penulis, tetapi lebih sebagai manusia dalam kesehariannya dan dokumentator Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini