nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Karier Sandhy Sondoro, dari Pengamen di Jerman hingga Juara Kompetisi Rusia

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 10:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 12 33 2078155 karier-sandhy-sondoro-dari-pengamen-di-jerman-hingga-juara-kompetisi-rusia-MQ4RgMkVhq.jpeg Sandhy Sandoro (Foto: Dok Okezone)

JAKARTASandhy Sondoro menjadi salah satu nama musisi Indonesia yang mendunia. Bagaimana tidak, karya musiknya lebih dulu diperkenalkan di mancanegara sebelum akhirnya mantan suami adik Sarah Sechan ini kembali ke Tanah Air.

Sandhy Sondoro awalnya hanya menemui sang paman yang kala itu berada di California, namun kemudian hijrah ke Jerman untuk belajar arsitektur sambil menyalurkan hobi bermusik. Tinggal di benua Eropa pada usia 19 tahun, membuat Sandhy harus mandiri, dengan bakat menyanyi ia pun menjadi musisi jalanan di sana.

Perlahan, jalan untuk Sandhy Sondoro bermusik itu mulai terlihat dengan tampil di beberapa pub malam di Jerman. Dengan mengusung genre pop Amerika, Folk, Jazz dan Blues, pria berdarah Jawa, Makassar, Minang dan Palembang itu memperkenalkan musiknya.

Baca juga: Sandhy Sondoro: Tanpa Jerman Saya Bukan Apa-Apa

Sandhy Sandoro

Tahun 2008, Sandhy merilis album perdana bertajuk Why don't We dan mendapat apresiasi positif di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Hingga akhirnya pulang ke Indonesia dengan bekal karya tersebut.

Dikatakan oleh Sandhy, negara Jerman menjadi faktor keberhasilannya sebagai musisi. “Saya mengawali karier musik saya dari Jerman dari tahun 1998. Tanpa Jerman saya enggak sampai di sini," terangnya kepada Okezone.

Tematik Okezone

Terbukti, beberapa single Sandhy Sondoro juga diterima baik oleh masyarakat Indonesia seperti lagunya yang meledak seperti Malam Biru, Tak Pernah Padam hingga Gejolak Cinta. Kesuksesan lainnya juga terlihat saat Sandhy bergabung dengan Trio Lestari bersama Glenn Fredly dan Tompi lewat karya yang tidak kalah menakjubkan.

Cukup sampai di situ? Rasanya belum. Meski telah pulang ke Indonesia namun Sandhy Sondoro tidak berhenti berjuang di musik internasional. Tercatat jika pria 45 tahun ini berhasil menjuarai kompetisi International Music Festival White Night of St.Petersburg tahun 2017.

Baca juga: Ulang Tahun, Aurel Dapat Mercy Merah dari Ashanty

Sandhy Sandoro

Sandhy tercatat meraih gelar Grand Prix Winner dan mengalahkan penyanyi internasional lain seperti Israel, Thailand, Korea hingga sang tuan rumah, Rusia.

“Bagi saya, jangan pikirkan apa yang Tanah Air-mu telah berikan kepadamu, tetapi berikanlah darimu yang terbaik sebanyak-banyaknya untuk Tanah Air-mu,” kata Shandy kala itu.

Hingga tahun 2019 ini, Sandhy Sondoro masih aktif bermusik, teranyar, pria yang identik dengan kacamata ini berkolaborasi dengan Serian Band lewat lagu Masih Ada Lady.

1
2
BERITA FOTO
+ 3

Anggun C Sasmi, Sandy Sandoro dan Yura Yunita Meriahkan Konser Hitman David Foster

Musisi legendaris David Foster berkolaborasi dengan penyanyi Sandhy Sandoro dalam Konser bertajuk Hitman David Foster and Friends di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/3/2018). Dalam konser tersebut David Foster menampilkan lagu-lagu hitsnya dan berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi seperti Brian McKnight, Anggun C Sasmi, Dira Sugandi serta Yura Yunita.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini