nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandhy Sondoro: Tanpa Jerman Saya Bukan Apa-Apa

Sumarni, Jurnalis · Sabtu 02 Desember 2017 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 30 205 1823127 sandhy-sondoro-tanpa-jerman-saya-bukan-apa-apa-pHlBt3WLBc.jpg Sandhy Sondoro (Foto: Sabki/Okezone)

JAKARTA - Nama besar Sandhy Sondoro di belantika musik Tanah Air tak pernah lepas dari usaha juga kerja keras. Kecintaannya dengan dunia tarik suara, membawa Sandhy mengawali karier sebagai musisi jalanan di Berlin, Jerman.

- Baca Juga: Sandhy Sondoro Jelaskan Nasib Trio Lestari Usai Tompi Pensiun

Tak heran apabila pria 43 tahun ini terus mempertahankan status warga negara kehormatan dan visa seumur hidup yang diberikan oleh pemerintah Jerman. Bagi Sandhy, negara tersebut adalah kunci utama kesuksesannya saat ini.

"Ya bangetlah. Orang saya mengawali karier musik saya dari Jerman. Dari tahun 1998. Tanpa Jerman saya enggak sampai di sini," terangnya kepada Okezone.

"Tanpa saya tinggal di Jerman 24 tahun enggak sampai di sini. Langkah saya sampai di sini karena Jerman. Selama beberapa tahun saya dikasih duit sama Jerman kan?" sambungnya.

Oleh sebab itu, Sandhy mematenkan seluruh karya musiknya di sana. Selain ingin berbalas budi, pelantun Malam Biru ini berharap dapar terus berkontribusi terhadap negara yang membuka gerbang kesuksesannya di industri musik.

"Enggak menjanjikan. Yah Jerman dan orang-orangnya berperan penting dalam hidup saya dan karier musik saya. Logis kan," imbuhnya.

Sementara itu, Sandhy berusaha agar visa seumur hidup yang dipegang olehnya bisa terus digunakan. Tengok saja dalam kurun waktu setahun, ia akan terbang menuju Jerman sebanyak dua kali.

"Tapi dengan syarat tidak boleh saya keluar dari Jerman lebih dari enam bulan. Jadi sebelum jatuh tempo enam bulan saya ke Jerman," ucapnya.

- Baca Juga: Tinggalkan Dunia Musik, Ini Bocoran Kegiatan Baru Tompi, Hal Besar Katanya

Sementara itu, Sandhy Sondoro sendiri tengah fokus menggarap karya terbaru. Ia memanfaatkan waktu selama berada di Negara Jerman untuk mengarang tembang-tembang terbaru. Album anyar Sandhy akan dirilis tahun mendatang.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini