nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Artis Ini Terlibat Kasus ITE, Nomor 5 Paling Hot

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 01:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 33 2077828 deretan-artis-ini-terlibat-kasus-ite-nomor-5-paling-hot-r5WGqXcFMY.jpg Vanessa Angel (Foto: Instagram)

JAKARTA - Galih Ginanjar diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencemaran nama baik mantan istrinya, Fairuz A Rafiq. Tak sendiri, Galih juga ditemani oleh Rey Utami dan Pablo Benua, yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus yang sama.

Kasus tersebut diketahui bermula lantaran Galih Ginanjar tampil dalam konten Youtube Channel milik Rey Utami & Benua berjudul 'Mulut Sampah'.

Dalam video yang kini telah menghilang dari akun Youtube Rey Utami & Benua, suami siri Barbie Kumalasari ini secara tak gamblang menyebut bahwa organ intim milik Fairuz bau ikan asin.

Baca Juga: Ungkapan Sakit Hati Vanessa Angel Atas Pemberitaan Kasusnya

Akibatnya, Fairuz bersama tim kuasa hukumnya melaporkan kejadian tersebutnke Polda Metro Jaya. Bahkan merekapun sempat menyambangi Komnas Perempuan untuk meminta perlindungan.

Sebelum Galih Ginanjar, Rey Utami, dan Pablo Benua, rupanya sudah ada sederet artis yang sempat dijadikan tersangka dalam kasus ITE. Siapa saja sih?

1. Ariel 'NOAH'

 Ariel Noah

Pada 2010 lalu, pentolan grup bang NOAH, Nazril Irham atau Ariel, diketahui pernah dijerat UU ITE dan UU Pornografi. Ia dijerat UU ITE lantaran merekam aktifitas seksualnya bersama artis mirip Luna Maya dan Cut Tari.

Akibat hal tersebut, bapak satu anak ini harus menjalani hukuman selama 2 tahun 1 bulan penjara di Rutan Kebon Waru, Bandung. Padahal sebelumnya ia divonis oleh Pengadilan Negeri Bandung harus menjalani masa tahanan selama 3,5 tahun dan membayar denda Rp250 juta.

 

2. Lyra Virna

 Lyra Virna

Aktris Lyra Virna juga sempat berurusan dengan UU ITE lantaran menumpahkan rasa kecewanya terhadap agen penyaluran ibadah haji, ADA Tour, milik Lasty Annisa. Akibatnya, Lyra resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 27 ayat 3, Pasal 45 ayat 3 UU ITE mengenai pencemaran nama baik.

Namun pada 24 Januari 2019 kemarin, Lyra diketahui telah dinyatakan bebas dari segala tuntutan hukum. Keputusan tersebut bahkan dibacakan langsung oleh Hakim Ketua Pengadilan Negeri Bekasi, Musa Arief.

3. Ahmad Dhani

 Ahmad Dhani

Musisi Ahmad Dhani terbukti melakukan tindak pidana yang diatur dalam Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang ITE juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Hal tersebut dipicu oleh tiga buah cuitan Dhani melalui akun Twitter.

Pada 7 Februari 2017, Ahmad Dhani menulis "Yg menistakan Agama si Ahok... yg di adili KH Ma,ruf Amin...ADP,". Sementara pada 6 Maret 2017, ia menulis, "Siapa saja yg dukung Penista Agama adalah Bajingan yg perlu di ludahi muka nya - ADP,". Dan terakhir, yakni pada 7 Maret 2017 ayah tiga anak ini menulis, ''Sila pertama KETUHANAN YME, PENISTA Agama jadi Gubernur...kalian WARAS??? - ADP,".

Cuitan Dhani tersebut membuatnya resmi menyandang status tersangka sejak 23 November 2017 lalu. Ia pun divonis menjalani masa hukuman selama 1,5 tahun.

Tak hanya itu, Dhani pun juga harus menjalani masa tahanan 1,5 tahun terkait kasus vlog 'idiot'. Saat ini, Dhani pun diketahui masih mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

4. Augie Fantinus

 Augie

Presenter Augie Fantinus diketahui sempat merasakan tinggal di horel prodeo, lantaran terkait kasus ITE. Pria yang hobi bermain basket tersebut diketahui melakukan pencemaran nama baik salah satu perwira kepolisian berinisial W.

Kala itu Augie yang ingin menonton pertandingan bola basket dalam Asian Para Games 2018 merekam momen dimana seorang polisi ia duga menjadi calo tiket.

Akibatnya, Augie dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

5. Vanessa Angel

 Vanessa Angel

Aktirs cantik Vanessa Angel dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), lantaran terbukti mengeksplor dirinya untuk kepentingan prostitusi online.

Hal tersebut bermula saat Vanessa melakukan chatting dengan muncikari Siska dan meminta 'pekerjaan'. Tak hanya itu, Vanessa juga sempat mengirim foto-foto berbau asusila pada muncikari Tentri.

 

Usai menjalani masa tahanan selama 5 bulan, Vanessa diketahui bebas pada 30 Juni 2019 sekitar pukul 08.00 WIB. Kini ia pun sudah mulai kembali menjalani aktifitasnya seperti sedia kala.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Celotehan Galih Ginanjar Soal Ikan Asin Akhirnya Dibawa ke Jalur Hukum

Fairuz datang ditemani suami dan tim kuasa hukum dari Hotman Paris Hutapea.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini