nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanung Bramantyo Dorong Mawar De Jongh Hingga Jatuh saat Syuting, Kenapa?

Hana Futari, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 15:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 09 206 2076595 hanung-bramantyo-dorong-mawar-eva-de-jongh-hingga-jatuh-saat-syuting-bumi-manusia-kenapa-vhiZYDFL7m.jpg Mawar Eva de Jongh (Foto: Instagram/@mawar_eva)

JAKARTA – Mawar Eva De Jongh mendapat tantangan yang cukup berat saat syuting film Bumi Manusia. Aktris 17 tahun tersebut sempat kesulitan saat mendalami adegan sedih yang diperlihatkan tokoh Annelies.

Baca Juga: Mawar De Jongh Deg-degan saat Berciuman dengan Iqbaal Ramadhan

Melihat kesulitan yang dialami oleh Mawar De Jogh, sang sutradara, Hanung Bramantyo tak tinggal diam. Dia membantu Mawar untuk mendalami perannya, namun dengan cara yang terkesan ‘meyakiti’.

Untuk mendalami rasa sakit dan sedih Annliese, Mawar harus rela didorong oleh Hanung Bramantyo hingga terjatuh. Tentu saja, itu dilakukan Hanung bukan dengan maksud menyakiti sang pemain, namun agar Mawar dapat merasakan sakit seperti yang dirasakan oleh Annelies.

Mawar de Jongh

“Saya kemudian mendorongnya (Mawar) sampai dia terjatuh. Tapi lagi-lagi, kami melakukannya tidak dalam rangka menyakiti, tapi untuk menghadirkan ingatan emosi yang sudah sejak lama dia kubur,” ujar Hanung Bramantyo seperti rilis yang diterima Okezone, Selasa (9/7/2019).

Usaha itu berhasil membangkitkan emosi Mawar sebagai Annelies. Bahkan, akting yang dilakukan Mawar terlihat begitu natural saat beradegan sedih setelah itu.

Poster Bumi Manusia

Sebelum berinisiatif untuk mendorong Mawar hingga terjatuh, awalnya Hanung meminta gadis berdarah Indonesia dan Belanda itu untuk memukulnya. Namun, lantaran sungkan, Mawar tak bisa sungguh-sungguh melakukan hal tersebut.

Terlepas dari itu, Hanung Bramantyo berpendapat bahwa tokoh Annelies sendiri memiliki beberapa kesamaan dengan Mawar. Terlebih, Mawar juga memiliki darah Belanda yang didapat dari sang ayah.

Iqbaal dan Mawar di Bumi Manusia

Faktor keturunan tersebut membuat Mawar sudah terbiasa dalam berbahasa Belanda, seperti yang diceritakan sebagai tokoh Annelies. Mawar hanya butuh mengolah pengalaman batinnya yang sudah dia lupakan.

“Hal itu sangatlah wajar dilakukan oleh semua manusia, apalagi usianya seumur Mawar. Tapi bagi aktor, pengalaman batin semacam itu menjadi modal besar. Karena itu saya mencoba merangsang Mawar untuk menumbuhkan pengalaman batin itu,” lanjut sutradara 43 tahun ini.

Mawar De Jongh memainkan peran sebagai Annelies di film Bumi Manusia. Dalam film garapan Hanung Bramantyo ini, Mawar banyak beradu akting dengan Iqbaal Ramadhan yang berperan sebagai Minke.

Baca Juga: Dulu Benci, Maia Estianty Kini Pilih Tertawakan Sang Penggoda

Film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini dijadwalkan tayang perdana di layar lebar pada 15 Agustus 2019. Film lainnya yang juga diangkat dari karya Pram, yakni Perburuan juga rilis di waktu yang sama.

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Iqbaal Ramadhan Raih Penghargaan International Film Festival & Awards di Macau

Acara penghargaan tersebut berlangsung di gedung Macau Cultural Center, Makau, Tiongkok. (Foto: instagram iqbaal.e)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini