nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Solusi Ernest Prakasa untuk Komika Nganggur

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 15:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 33 2074641 2-solusi-ernest-prakasa-untuk-komika-nganggur-0oFq7pgQnQ.jpg Ernest Prakasa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komika Ernest Prakasa mencurahkan kegelisahan hatinya tentang krisis pekerjaan yang dialami para komika stand up comedy. Meski begitu, sutradara film Cek Toko Sebelah ini punya solusi yang ditawarkan.

Ernest Prakasa mengatakan bahwa perkembangan stand up comedy di Indonesia sendiri cukup cepat. Apalagi diiringi dengan maraknya ajang pencarian bakat para komika. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan lahan untuk profesi mereka.

Baca Juga:

Akun Instagram Raib, Barbie Kumalasari Sebut Nikita Mirzani Stres

Pamer Payudara Besar, Pamela Safitri: Berat Guys Bawanya

Ernest Prakasa


Berbeda halnya dengan di stand up comedy di Amerika misalnya, di mana para komika yang memang menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri.

"Di sini ini kebanyakan supply tapi minim demand. Kalau Amerika, alurnya mulai dari open mic satu klub ke klub lain sampai akhirnya gelar show sendiri," kata Ernest dalam video yang diunggah di IGTV.

Menggelar show tunggal bagi seorang stand up comedy memang juga diikuti oleh segelintir komika di Tanah Air. Namun tak semuanya belum bisa di tahap mereka mengadakan pertunjukkan.

"Sekarang itu orang bukan lagi zamannya 'eh nonton stand up yuk' tapi udah 'eh nonton Pandji yuk', atau Radit. Nah elu siapa?" imbuh Ernest.

Menjadi content creator

Maka dari itu, Ernest memberikan dua saran di mana para komika tersebut bisa bertahan walaupun tanpa embel-embel stand up comedy.

"Pertama menjadi content creator. Untuk hal ini, medianya banyak bisa YouTube sampai Instagram. Itu bisa menjadi cara untuk memanfaatkan sense of comedy yang diharapkan bisa menjadi sumber penghasilan," papar Ernest.

Baca Juga:

Jalin Asmara 5 Bulan dengan Wijaya Saputra, Gisella Anastasia: Nikah Kalau Cocok

Kibarkan Bendera Indonesia di Parade LGBT, Dena Rachman Dihujani Kritik Netizen

Ernest Prakasa

Bintang film Susah Sinyal ini menyontohkan sosok Babe Cabita yang dinilai sukses memanfaatkan sisi humor yang kemudian menjadi sebuah konten komedi

"Babe itu setahu gua belum setahun tekuni bidang ini. Tapi karena serius, view-nya kemudian jadi banyak sampai datang produk hingga di-endorse," imbuhnya.

Penulis skenario

Solusi kedua yang ditawarkan oleh Ernest Prakasa adalah dengan menjadi seorang penulis. "Pada dasarnya basic dasar seorang stand up-kan menulis, itu bisa dimanfaatkan," kata Ernest.

Ia menambahkan bahwa saat ini berbagai macam tayangan hiburan hadir di beberapa aplikasi. Aplikasi video on demand itu membutuhkan sebuah konten untuk mengisi tayangan tersebut.

Baca Juga:

Dear Cupi Cupita, Ini Ancaman Lia Callia Jika Kamu Tak Mau Minta Maaf

Pengakuan Galih Ginanjar Terlihat Pucat Setelah Dipolisikan Fairuz A Rafiq

"Konten itu butuh skenario dan skenario itu pasti hasil dari ide si penulis. Jadi ini memang kesempatan sebagai ladang profesi," katanya.

Untuk itu, Ernest pun memberikan semangat pada mereka yang ingin terus mempertahankan di industri hiburan. "Salah satu kuncinya ya memang harus serius," pungkas Ernest.

1
3
BERITA FOTO
+ 6

Ernest Prakasa

Ernest Prakasa saat berkunjung ke Kantor Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2015). Nama Ernest dikenal sejak mengikuti acara Stand Up Comedy Indonesia.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini