nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah 18 Tahun, Spirited Away Akhirnya Tayang di China

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 25 33 2070885 setelah-18-tahun-spirited-away-akhirnya-tayang-di-china-NYJKYBQUYr.jpg Poster Spirited Away. (Foto: Studio Ghibli)

BEIJING - Film animasi Spirited Away akhirnya tayang di China setelah dirilis puluhan tahun silam di negara asalnya, Jepang. Namun tak diduga, film produksi Studio Ghibli tersebut mampu menyedot perhatian publik di Negara Tirai Bambu tersebut.

Di China, Spirited Away bahkan sukses mengalahkan pendapatan film animasi terbaru Pixar, Toy Story 4 yang tayang sejak 21 Juni silamPadahal di box office dunia, Woody cs tak terbendung dan meninggalkan jauh para pesaingnya.

Baca juga: Demi Toy Story 4, Pixar Gandeng 100 Animator

Mengutip Variety, pada pekan pertama perilisannya di China, Spirited Away mengumpulkan pendapatan sebesar USD28 juta. Angka tersebut, bahkan dua kali lebih banyak dari Toy Story 4 yang hanya mampu membukukan pendapatan sebesar USD13,2 juta.

Kehadiran Spirited Away di China memang bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya, film arahan sutradara Hayao Miyazaki itu dirilis pertama kali pada 2001. Dengan pendapatan mencapai USD360 juta, film berdurasi 125 menit itu tercatat sebagai proyek animasi terlaris di Jepang.

Perlu waktu 18 tahun bagi Spirited Away untuk akhirnya bisa menembus pasar China. (Foto: Studio Ghibli)

Baca juga: Samuel L Jackson Ngamuk Melihat Kesalahan Konyol pada Poster Spider-Man Ini

Tak hanya menjadi film terlaris di Jepang kala itu, Spirited Away juga tercatat sebagai peraih trofi Best Animated Feature dari ajang Academy Awards pada 2003. Sayang, kala itu sukses film tersebut di pasar internasional tidak berlaku di China. Negara tersebut melarang penayangan film itu hingga akhirnya mengeluarkan izin 18 tahun kemudian.

Spirited Away menjadi film animasi kedua Studio Ghibli setelah My Neighbor Totoro pada tahun lalu. (Foto: Studio Ghibli)

Sebelum Spirited Away, film My Neighbor Totoro yang dirilis pada 1988 merupakan film animasi Studio Ghibli pertama yang sukses menembus pasar China. Setelah 3 dekade, film itu akhirnya tayang di China pada 16 Desember 2018 dengan penghasilan total sebesar USD26 juta.*

1
2
BERITA FOTO
+ 5

Sebarkan Kebaikan Film Animasi Nussa melalui Buka Nonton

Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid (kiri) bersama Chief Executive Office The Little Giantz (NUSSA) Aditya Triantoro berbincang usai melakukan kerjasama di Jakarta, Kamis 4 April 2019.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini