Tak Tertarik Dakwah, Ki Joko Bodo: Aku Ingin Jadi Diri Sendiri

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 23 33 2069911 tak-tertarik-dakwah-ki-joko-bodo-aku-ingin-jadi-diri-sendiri-tb3tWrnq3g.JPG Ki Joko Bodo (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Keputusan hijrah tidak serta merta membuat Ki Joko Bodo tertarik untuk ikut menyebarkan ajaran Islam lewat dakwah. Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta baru-baru ini, Ki Joko Bodo mengaku memilih tetap jadi dirinya sendiri.

“Enggak, aku ingin jadi Ki Joko Bodo. Aku enggak ingin jadi apa-apa. Ingin jadi diriku sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ki Joko Bodo mengatakan, dirinya belum mendapat panggilan hati untuk berdakwah.

Ki Joko Bodo

“Ketika Allah menunjukkan jalan aku harus ini harus itu ya aku harus jalani hidup seperti itu. Enggak bisa berubah dengan sendirinya,” jelas dia.

Terlebih bagi Ki Joko Bodo saat ini, dirinya juga merasa belum perlu menuntun orang lain untuk memperdalam ilmu agama. Menurut Ki Joko Bodo, kegiatan semacam itu berpotensi menghadirkan rasa jenuh dalam proses hijrahnya.

Ki Joko Bodo

“Aku ingin berbuat sesuai dengan hatiku saja,” tandasnya.

Seperti diketahui, lama tak terdengar kabar ternyata Ki Joko Bodo memutuskan untuk berhijrah. Ia memangkas rambut panjangnya. Alasan Ki Joko Bodo memotong rambutnya sendiri hingga pendek dikarenakan ia merasa seperti masuk ke lorong waktu, dan rambutnya tersangkut di dalam sebuah alam antah berantah. Dengan kejadian mistis itu, ia merasa kepalanya sakit dan akhirnya memutuskan untuk memotong rambutnya. (sus)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini