nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Saingi Pendiri Taj Mahal, Alasan Iwan Fals Rilis Rosana

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 08:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 205 2044025 ingin-saingi-pendiri-taj-mahal-alasan-iwan-fals-rilis-rosana-LGCujSLhy5.jpg Iwan Fals dan Rosana (Foto: Vania/Okezone)

DEPOK - Musisi Iwan Fals kembali merilis album terbarunya yang ia dedikasikan untuk sang istri, Rosana. Setelah wacana soal album ini terdengar cukup lama, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini akhirnya merilis juga album Rosana yang berisi 12 buah lagu.

Baca Juga: Mual dan Mengaku Datang Bulan, Lucinta Luna Dihujat Netizen

Iwan menuturkan bahwa ada makna romantis di balik pembuatan album Rosana. Ia mengaku ingin seperti sosok Kaisar Mughal Shah Jahan, yang memberikan persembahan istimewa untuk istrinya.

"Saya pernah keliling ke Taj Mahal. Ke India. Ada suami yang bikinin bangunan gitu, saya pingin juga dong. Hahaha," ungkap Iwan Fals saat ditemui di kediamannya di kawasan Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Senin 15 April 2019 malam.

"Siapa tahu jadi Taj Mahal tapi dalam bentuk yang lain," tambahnya.

Iwan Fals

Soal lagu dan album Rosana sendiri, pria 57 tahun ini mengaku sempat diprotes oleh anak bungsunya, Raya Rambu Rabbani. Kala itu, Raya menanyakan mengapa ia tak membuatkan lagu dan album khusus untuk sang bunda. Padahal, Iwan sempat membuatkan lagu khusus untuk ketiga anaknya.

Mendengar hal itu, Iwan mengaku syok. Apalagi ia berpikir, bahwa dirinya juga sempat membuatkan lagu untuk mengenang tokoh-tokoh Indonesia seperti Soekarno dan Hatta.

Iwan Fals dan istri

"Ini mulanya dari Raya tuh, kan dibikinin lagu waktu kecil. Dia protes tuh, kok mbak Cikal, mas Galang dibikinin lagu, aku dibikinin lagu, mama kok enggak dibikinin lagu? Aku sempat syok, sempat kaget. Lho kok iya ya? Kenapa enggak?" katanya.

"Kenapa bung Hatta, bung Karno saya bikinin lagu, saya kenal juga enggak gimana, Habibi juga gitu. Tapi seseorang yang tiap hari tidur sama saya, yang bareng-bareng kok enggak," tambahnya.

Dalam proses penggarapan album Rosana, Iwan Fals mengaku sudah cukup lama mengumpulkan lagu untuk dimasukkan dalam album tersebut. Bahkan, salah satu lagu ia ciptakan khusus untuk sang istri dengan judul yang sama dengan namanya, Rosana, sejak 5 tahun lalu.

"Kalau lagu Kado Untukmu itu sekitar dua atau tuga tahun lalu pas dia ulang tahun, yang dulunya puisi tapi saya jadiin lagu. Lalu yang R1 sampai R11, yang di tengah itu bulan puasa 2017 pas saya habis operasi sambil nunggu sembuh, bikin syair, karena ditungguin terus sama Cikal dan Raya. Sampai terakhir rekaman, prosesnya 4-5 bulan. Dari puasa sampai 2 minggu lalu," paparnya.

Baca Juga: April, Iwan Fals Bakal Telurkan Album Dalam Bentuk Boxset

"Tadinya buat kado dia (Oktober). Ada 18 lagu, jadi yang dimasukin cuma beberapa, tapi nanti ada jilid dua. Kalau untuk lagu Rosana, lagu yang terakhir itu dibuat 5 tahun lalu," tukasnya.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini