nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Autisme Dunia, Adefitrie Kirana Sayangkan Banyak Bully Terjadi

Edi Hardian , Jurnalis · Kamis 04 April 2019 01:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 03 33 2038779 peringati-hari-autisme-dunia-adefitrie-kirana-sayangkan-banyak-bully-terjadi-noUmv87bcH.jpg Adefitrie Kirana

JAKARTA - Pada tanggal 2 April diperingati sebagai hari autis sedunia. Berbagai kalangan memperingati hari tersebut termasuk dari kalangan hiburan tanah air, Adefitrie Kirana.

Adefitrie Kirana yang sebelumnya dikenal lewat perannya di sinetron Raden Kian Santang MNCTV tersebut menyayangkan bila saat ini masih sering terjadi bully serta perlakuan yang kurang baik terhadap pengidap autisme.

"Sayangnya masih begitu banyak perlakuan diskriminatif pada mereka. Hingga di banyak kesempatan, keterbatasan mereka menjadi sasaran empuk pembullyan," ujar Adefitrie Kirana.

Adefitrie Kirana saat melakukan silaturahmi dan halal bihalal

Baca Juga: Peduli Gizi, Ade Fitrie Kirana Siap Bagi-Bagi Susu

Adefitrie Kirana yang kini lebih sering menyibukkan diri di dunia sosial dan kemanusiaan inipun berpendapat bila pengidap autisme memiliki hak yang sama dengan manusia normal lainnya.

"Harusnya kita peduli pada hak-hak hidup yang mereka butuhkan layaknya manusia seutuhnya. Hak mendapat aneka dasar kebutuhan hidup, seperti kesehatan, pendidikan, juga hak untuk disayangi dan dihormati asasinya," lanjutnya.

Adefitrie yang juga pernah melahirkan sebuah lagu bertajuk Hijrah tersebut lantas memberikan himbauan pada masyarakat bila penderita autisme membutuhkan perhatian yang berbeda dibandingkan dengan orang yang normal.

"Perlakuan yang special memang sangat dibutuhkan untuk akan penyandang autis yang satu ini.Para penderita autis memang cukup berbeda dengan anak pada umumnya," ujarnya.

Apabila anak penderita autisme mendapatkan perhatian serta support yang memadai, bukan tidak mungkin mereka akan berprestasi layaknya anak-anaknlainnya.

"Bukan berarti bahwa anak autis tidak dapat berprestasi. Justru, tidak sedikit dari anak autis yang bisa berprestasi dalam beberapa bidang seperti anak normal pada umumnya. Ini tentu saja tergantung pada dukungan orang tua dan lingkungan yang ada di sekitarnya.” tutup Adefitrie Kirana. (edh)

(kem)

BERITA FOTO
+ 7

Intip Kebersamaan Ayu Ting Ting Bersama Sahabat Artisnya

Ayu Ting Ting saat bersama Ivan Gunawan. (Foto: Instagram @ayutingting92)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini