nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditinggal Vokalis, Payung Teduh Siap Rilis Album Baru

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 03:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 24 205 2034236 ditinggal-vokalis-payung-teduh-siap-rilis-album-baru-AqxKtHvUch.jpg Foto: Instagram

SOLO – Sempat gonjang ganjing setelah ditinggal gitaris sekaligus vokalis, Is, pada akhir 2017, grup musik pop/folk Payung Teduh kembali berdiri dengan tiga orang yang tersisa yaitu Comi Aziz Kariko (bas), Alejandro Saksakame atau Cito (drum), dan Ivan Penwyn (vokal-gitar).

Comi yang awalnya sempat keluar mengikuti Is, memutuskan kembali lagi demi mempertahankan grup yang telah membesarkan namanya.

“Yang jelas enggak akan ada yang bisa menggantikan posisi orang yang telah keluar. Siapa pun itu. Yang kami lakukan ya mempertahankan grup musik ini. Karena banyak orang yang hidup dari sini,” terang Cito saat jumpa pers di The Sunan Hotel Solo, belum lama ini.

Baca juga: Begini Formasi Terbaru Payung Teduh Pasca-Ditinggal Is dan Comi

Bertahan tanpa vokalis memang tak mudah bagi pemenang Anugerah Musik Indonesia 2017 kategori Karya Produksi Alternative Terbaik ini. Ivan beberapa kali menggantikan vokalis lama saat manggung. Hingga akhirnya mereka membuat project album pertama berjudul Mendengar Suara. Album yang dibuat bersama Teater Pagupon Universitas Indonesia tersebut diisi 10 lagu yang semuanya merupakan musik pengiring pentas berjudul Kendedes. Ada Duka, Diam, Ugil-Ugil, Makin lelah, Berjalanlah, dan lagu Diam.

Grup Band Payung Teduh

Project pertama yang disebut Cito sebagai musik eksperimen tersebut menampung semua karya para anggota Pagupon. Sekaligus sebagai titik balik mereka untuk kembali ke dunia teater.

“Grup musik ini kan awalnya hidup dari teater. Hari ini kami kembali ke teater. Mewadahi karya mereka. Enggak tau sampai kapan akan menggunakan konsep ini. Jalanin aja dulu,” kata dia.

Baca juga: Barbie Kumalasari Akui Gaya Hidup Mewah Kunci Agar Diterima di Dunia Hiburan

Bicara soal warna musik, Comi, mengaku memang belum tahu bakal dibawa kemana. Yang pasti, mereka bakal melanjutkan konsep lama sembari menunggu gaya baru. Payung Teduh formasi baru juga membuka kesempatan kolaborasi dengan para seniman. Termasuk kemungkinan musisi lain untuk mewarnai karya anyar mereka.

Grup Band Payung Teduh

Komitmen mereka untuk mempertahankan Payung Teduh juga terlihat dari project anyar yang digarap tahun ini. Comi mengatakan saat ini sedang mempersiapkan album baru. Mereka sudah mempersiapkan sekitar lima lagu yang masih dirahasiakan judulnya. “Kemungkinan rilis tahun ini. Temanya ya banyak sih. Lagi kami persiapkan,” kata Comi.

Meski beberapa anggotanya juga sibuk dengan hal lain, Comi, memastikan Payung Teduh berkomitmen untuk melanjutkan grup mereka meski harus memulai semuanya dari awal. Tawaran manggung juga masih banyak berdatangan. Namun, tak semua lagu lama boleh dinyanyikan. Ada beberapa judul yang tak bisa mereka bawakan karena berstatus sengketa dengan mantan personelnya.

(sus)

BERITA FOTO
+ 6

Grup Band Payung Teduh

Grup Band Payung Teduh beraksi dalam Jakarta International Java Jazz Festival 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/3/2015). Festival musik jazz tahunan tersebut mengangkat tema "Exploring Indonesia".

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini