nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bintangi Dilan 1991, Ridwan Kamil Ajukan 2 Syarat

Hana Futari, Jurnalis · Minggu 24 Februari 2019 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 24 206 2022141 bintangi-dilan-1991-ridwan-kamil-ajukan-2-syarat-Vh4a704QoS.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Okezone)

BANDUNG - Pemandangan tak biasa tersaji dalam film Dilan 1991. Pasalnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut beradu peran dalam film bergenre drama tersebut.

Dalam film bersetting Kota Bandung di era ’90-an tersebut, Ridwan Kamil berperan sebagai seorang wakil kepala sekolah. “Iya, ikut main. Meski cuma 1 menit,” ujarnya saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (24/2/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Kenang Masa Remaja Lewat Dilan 1991

Sebagai seorang penikmat film, Kang Emil –begitu dia akrab disapa, tak menolak jika di kemudian hari ada pihak yang menawarinya untuk membintangi sebuah film. Namun serupa dengan Dilan 1991, dia akan tetap mengajukan dua syarat.

Pertama, proyek layar lebar itu haruslah memasukkan unsur Kota Bandung atau budaya Jawa Barat. Kedua, dia tidak akan menerima bayaran. “Karena saya pejabat publik, maka tidak boleh ada honor,” ujarnya. 

Sebagai pencinta film Dilan, Kang Emil menegaskan, mendukung sepenuhnya film tersebut. “Saya mengapresiasi film ini karena mengambil setting yang sangat Jawa Barat sekali. Selain itu, film pertamanya sukses menembus 6 juta penonton yang dapat dikatakan sukses besar,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Raditya Dika dan Tren Konten Mistis di YouTube

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya terhadap film tersebut, Ridwan Kamil pun membentuk Sudut Film Dilan di Taman Saparua Bandung, Jawa Barat. Sudut tersebut akan dijadikan sebagai tempat diskusi literasi.

“Pada Sudut Film Dilan itu akan ada memorabilia dan perpustakaan yang dilengkapi meja dan kursi bagi pengunjung untuk membaca buku.”

Peletakan batu pertama untuk Sudut Film Dilan ini dilakukan langsung oleh Ridwan Kamil. Selain Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata Arief Yahya serta cast dari film Dilan, Iqbaal Ramadhan dan Vanessa Prescilla pun turut melakukan hal yang sama.

"Saya mengapresiasi film ini karena, pertama settingnya sangat Jawa Barat, ke dua film ini tembus 6 juta penonton dan sebagai parameter kesuksesan dari semua film yang ada. Jadi alasan itu yg menjadikan kita apresiasi dan menginspirasi anak muda," ujar Ridwan Kamil.

Sementara itu Tango sebagai sponsor utama Film Dilan 1991 mendukung apa yang dilakukan Ridwan Kamil. Taman Dilan hingga Dilan Day upaya untuk mengakomodasi kreativitas milenial.

"Hal ini sangat positif karena mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia, khususnya bidang perfilman," jelas Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Dilan Day digelar di kawasan Ciwalk Bandung yang diawali dengan pawai dari sejumlah komunitas sepeda dan motor dari Gedung Sate.

(aln)

BERITA FOTO
+ 5

Meet & Greet with Cast Film Dilan 1991 pada XPANDER Tons of Real Happiness Tangerang

Iqbaal Ramadhan berswafoto dengan seorang penggemar cilik yang beruntung.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini