nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisruh RUU Permusikan, Ini Pesan Bijak Melly Goeslaw

Nurdiana, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 16:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 06 205 2014432 kisruh-ruu-permusikan-ini-pesan-bijak-melly-goeslaw-dpg8zUFuBX.jpg Melly Goeslaw. (Foto: Instagram/@aldiphoto/@jokiphotography)

JAKARTA - Penolakan sederet musisi terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan ternyata mencuri perhatian penyanyi Melly Goeslaw. Dalam unggahan terbarunya di Instagram, personel band Potret itu memberikan tanggapannya seputar RUU kontroversial tersebut.

Dalam unggahannya, Melly terlihat berpose bersama sang suami, Anto Hoed, juga pasangan Anang dan Ashanty. Dia kemudian menegaskan tak ingin berseteru dengan siapapun lewat media sosial. Namun sebagai musisi dengan rekam jejak bermusik selama 3 dekade, dia mendukung setiap regulasi yang berpihak pada industri musik.

Baca juga: Anang Hermansyah Buka Suara soal Kisruh dengan Jerinx SID

RUU itu sudah pada tahu belum singkatan apa? RUU adalah rancangan undang-undang, bukan undang-undang. Masih jauh prosesnya untuk menjadi undang-undang,” kata Melly dalam unggahannya pada Selasa malam (5/2/2019).

Draf RUU Permusikan dilempar ke ranah publik, menurutnya, memang untuk mendapatkan masukan dari para musisi. Nah, masukan itulah yang menurut dia nantinya akan digunakan para legislator untuk memperbaiki sejumlah pasal yang dianggap memberatkan.

Nanti diuji, mana pasal yang harus dihapus, dipertahankan, atau perlu dirapikan. Tak sampai di situ, RUU nantinya akan diuji kembali lalu diserahkan kepada pemerintah untuk menghasilkan daftar isian masalah,” ujarnya.

Kesepakatan pemerintah dan legislator (DPR) inilah yang nantinya akan melahirkan undang-undang. “Setelah jadi UU pun masih akan di(uji) coba dalam waktu 1 atau 2 tahun. Jadi ngapain pada gaduh?” kata Melly menambahkan.

Penyanyi 45 tahun itu kemudian mempersilakan para musisi Tanah Air untuk mengajukan keberatan mereka atas draf RUU Permusikan. Namun dia tak menyarankan diskusi dilakukan lewat media sosial karena hanya akan memicu kegaduhan di ranah daring.

Bertemu dan berdiskusi dengan baik-baik menurut Melly adalah hal tertepat yang bisa dilakukan sesama musisi. Dia berharap, musisi tidak melihat sebuah masalah dengan kacamata kebencian karena hanya akan memperumit masalah.

Baca juga: Lee Bo Young Melahirkan Anak Kedua pada Perayaan Imlek

Di akhir penjelasannya, Melly Goeslaw berharap agar pembahasan mengenai RUU Permusikan dilanjutkan setelah Pemilu 2019. “Supaya semua bisa berpikir lebih netral, jernih, dan khusnuzon. Paham kan maksud saya?

(SIS)

BERITA FOTO
+ 7

RUU Permusikan Menjadi Polemik, Anang Hermansyah Angkat Bicara

Musisi sekaligus anggota DPR Anang Hermansyah menghadiri diskusi terkait RUU Permusikan di Jakarta.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini