nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratna Listy Beberkan Jenis dan Biaya Pasang Susuk

Rena Pangesti, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 31 33 2011794 ratna-listy-beberkan-jenis-dan-biaya-pasang-susuk-H6wLYmHO3I.jpg Ratna Listy. (Foto: Okezone)

JAKARTARatna Listy, artis yang kini menggeluti profesi sebagai ahli spiritual mengaku, susuk bukanlah hal tabu di kalangan selebriti. Menurut dia, susuk digunakan untuk memuluskan karier dan percintaan para penggunanya.

“(Saya) pernah bertemu artis yang pakai susuk. Inisialnya SK. Tapi sebenarnya, tak hanya artis yang pakai susuk. Ada juga profesi lainnya yang tak etis kalau saya beberkan di sini," kata Ratna saat dihubungi Okezone, pada Kamis (31/1/2019).

Namun sebagai ahli spiritual, Ratna dan rekannya Panglima Langit dengan tegas menolak pekerjaan untuk memasang susuk. Pasalnya, susuk akan berdampak buruk pada psikologi si pengguna.

Baca juga: Pingsan setelah Diperiksa 12 Jam, Vanessa Angel Dilarikan ke Rumah Sakit

"Jin yang dimasukkan ke dalam susuk akan memakan energi baik penggunanya. Perlahan, akan mengikis akal sehat. Nah, si pengguna akan lebih cepat emosi dan yang paling buruk hatinya akan tertutup untuk berbuat baik," kata Ratna.

Meski tegas menolak susuk, namun Ratna cukup paham harga pemasangan benda gaib tersebut. Berdasarkan informasi dari pasien yang ditanganinya, harga pemasangan susuk cukup variatif, mulai dari Rp2 juta hingga Rp25 juta.

Harga mahal tersebut disesuaikan berdasarkan tingkatan jin yang dipakai untuk susuk. Panglima Langit menambahkan, semakin mahal harganya maka semakin sakti pula kekuatan jin di dalamnya.

"Ada harga ada kualitas. Kalau yang Rp2 juta itu jinnya lemah, tapi untuk Rp25 juta biasanya tokcer! Sangat ampuh untuk memenuhi keinginan pengguna susuk," jelas Panglima Langit.

Selain harga, Panglima juga menyebut bahwa media susuk juga turut memengaruhi. Semakin berkilau benda yang dimasukkan, maka makin kuat pula jin yang ditanam pada susuk.

"Pilihannya ada berlian, emas, perak, dan kuningan. Berlian merupakan tingkatan termahal. Ini karena jin suka benda berkilau. Kalau jinnya sudah suka, ya makin dahsyat kekuatannya," imbuh Panglima.

Baca juga: Cara Ratna Listy Agar Terlihat Awet Muda

Sependapat dengan Ratna Listy yang menolak susuk, pedangdut Irma Dharmawangsa dan Ovi Sovianti juga secara tegas menolak benda gaib tersebut. Namun keduanya tak menampik sempat ditawari untuk memakai susuk.

"Dulu pernah diajak menggunakan susuk. Dia bilangnya untuk memperlancar pekerjaan. Tapi aku tolak," ujar Ovi saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, pada 29 Januari 2019.

Sementara Irma mengaku sempat ditawari pasang susuk di kawasan Bekasi, Jawa Barat. “Sudah parno duluan gue gara-gara suka nonton sinetron azab. Kan dikisahkan susah meninggal kalau kebanyakan pakai begituan,” ujarnya.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 5

Sara Wijayanto Ungkap Ciri-Ciri Orang Pakai Susuk

Sara Wijayanto bersama salah satu anak indigo bernama Filo Sebastian berusaha mengungkap ciri-ciri seseorang menggunakan susuk.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini