nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daniel Mananta Sempat Tak Percaya Diri Perankan Sosok Ahok

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Senin 05 November 2018 19:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 206 1973702 daniel-mananta-sempat-tak-percaya-diri-perankan-sosok-ahok-Y5z3jvnnqT.jpg Daniel Mananta. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jelang penayangannya di bioskop nasional, Daniel Mananta berkisah tentang pengalamannya berperan sebagai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam film A Man Called Ahok. Dalam wawancaranya dengan awak media, Daniel mengaku, tak mudah untuk memerankan sosok mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Saat membaca skenario film tersebut, Daniel mengaku, tak memiliki percaya diri (pede) yang cukup banyak untuk berakting sebagai Ahok. Ia bahkan tak yakin mampu mengimbangi kualitas akting para aktor lainnya, seperti Denny Sumargo, Donny Damara, Ferry Salim, dan Chew Kin Wah.

Baca juga: Alasan Mulia Daniel Mananta Menjajal Jadi Produser Film

Rasa tidak percaya diri itu lantas membuat Daniel sempat ingin menyerah dan mengundurkan diri dari proyek tersebut. Namun, sang manajer justru malah memberikan dukungan agar Daniel mengambil peran Ahok itu.

“Gue sempet telefon manajer dan bilang mau mundur, karena gue takut banget. Tapi waktu itu, manajer gue bilang 'Justru itu, lo dipilih jadi aktor di saat yang tepat. Kalau memang ini jalannya Tuhan, lo akan terlihat sebagai aktor yang hebat’,” ujar Daniel menirukan nasehat sang manajer.

Sejak itu, aktor 37 tahun tersebut mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Daniel kemudian menjalani casting sebanyak dua kali sebelum akhirnya memulai syuting. Berbagai riset dan latihan pun dijalaninya agar perannya sebagai Ahok terasa natural.

Menariknya, demi bisa serupa dengan Ahok, Daniel menjalani latihan selama 30 hari. Dalam latihan itu dia akan menjadi Ahok selama 5 menit setiap harinya. “Jadi saya benar-benar masuk ke dalam kesehariannya Ahok. Pakai kaus Polo dan baju ditata rapi. Pakai kacamata dan rambut dibelah pinggir. Ke mana-mana mendengarkan lagu Mandirin dan suara diserak-serakin. Sampai akhirnya pada satu titik, gue merasa telah menyatu dengan karakter itu,” ujarnya.

Baca juga: Unggah Foto Daging, Agama Rina Nose Kembali Dipertanyakan Netizen

Disutradarai oleh Putrama Tuta, film A Man Called Ahok diadaptasi dari buku berjudul A Man Called #Ahok: Sepenggal Kisah Perjuangan & Ketulusan karya Rudi Valinka. Film ini mengisahkan kehidupan dan perjalanan karier seorang Basuki Tjahaja Purnama.

Film A Man Called Ahok akan mulai tayang di bioskop nasional pada 8 November 2018.

(SIS)

BERITA FOTO
+ 4

Daniel Mananta Kembali Jadi Pembawa Acara Indonesian Idol 2017

Artis Daniel Mananta saat ditemui di Audisi Indonesia Idol di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (15/10/2017). Daniel Mananta kembali sebagai pembawa acara ajang pencarian bakat bergengsi Indonesian Idol 2017.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini