nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Peran Besar untuk Alam, Tulus Ajak Masyarakat Lestarikan Gajah

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 22:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 15 33 1936960 punya-peran-besar-untuk-alam-tulus-ajak-masyarakat-lestarikan-gajah-2SKVwdnx9Z.jpg Tulus (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Selama kurang lebih tiga tahun belakangan, Tulus tengah giat menggalakkan pelestarian gajah Sumatera melalui gerakan Teman Gajah. Tujuannya melakukan hal tersebut adalah untuk menyadari masyarakat akan pentingnya peranan gajah bagi alam.

"Kalau kaitannya sama Teman Gajah itu sebenarnya saya ingin sedikit mengajak teman-teman menyadari bahwa sebetulnya gajah itu peranannya besar banget buat kehidupan kita," ujar Tulus saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Setelah mengunjungi dua taman nasional, yakni Bukit Barisan Selatan, dan Tessa Nilo, pelantun lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya tersebut menganalogikan kalau gajah seperti udara, yakni tak terlihat namun memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi.

Tulus

(Baca Juga: Jelang Tampil di Pembukaan Asian Games 2018, Tulus Dilanda Rasa Gugup)

(Baca Juga: Delon Resmi Digugat Cerai Yeslin Wang)

"Makanya di narasi video yang terakhir saya masukin di Instagram, saya analogikan gajah seperti udara, ada tapi tidak terlihat, tapi manfaatnya besar buat kita," paparnya.

"Mudah-mudahan dengan analogi seperti itu bisa menyederhanakan pemahaman teman-teman sehingga lebih peduli sama gajah," tambah pria yang berusia 30 tahun tersebut.

Tulus menjelaskan bahwa peranan gajah sendiri bagi alam adalah sebagai pengantar bibit yang unggul untuk pertumbuhan pepohonan. Selain itu, hasil pembuangan gajah bisa dijadikan pupuk yang baik untuk tamanan.

MANTAP! Tulus Borong 8 Penghargaan di Ajang AMI Awards 2017

"Jadi bibit itu ada yang bisa diterbangkan oleh angin, ada yang bisa diterbangkan oleh hewan-hewan dengan besar tubuh yang lebih kecil, ada yang juga yang hanya gajah yang bisa membawa bibit itu," papar Tulus.

"Kalau spesifiknya saya enggak inget, tapi ada banyak tanaman besar yang bibitnya itu paling efektif dibawa sama gajah, dan gajah itu makan dan pembuangannya itu untuk pupuk, dan itu akan menyebar dimana-mana," tutupnya.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

MANTAP! Tulus Borong 8 Penghargaan di Ajang AMI Awards 2017

Tulus dan album Monokrom berhasil memenangkan 8 penghargaan dari 6 kategori dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2017 di Jakarta, Kamis (16/11/2017) malam.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini