Nama Anak Kahiyang dan Bobby Mirip Nama Istri Pakubuwono IX, Penulis Kitab Ponconiti

Rena Pangesti, Jurnalis · Jum'at 03 Agustus 2018 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 03 33 1931480 nama-anak-kahiyang-dan-bobby-mirip-nama-istri-pakubuwono-ix-penulis-kitab-ponconiti-G8pOWQrO9x.jpg Kahiyang Ayu dan Bobby (Foto: Rena/Okezone)

JAKARTA - Pasangan Kahiyang Putri dan Bobby Nasution baru saja mengumumkan nama anak pertama mereka yaitu Sedah Mirah Nasution pada gelaran konferensi pers, Jumat (3/8/2018) di rumah sakit YPK Mandiri Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Kahiyang, nama sang putri lekat dengan kebudayaan Jawa bercampur Batak. Sedah Mirah sendiri berasal dari adat Kahiyang, sedangkan Nasution merupakan nama keluarga yang diambil dari sang suami.

(Baca Juga: Lady Gaga Bersedih Sahabatnya Meninggal Bunuh Diri)

(Baca Juga: Koordinator Penonton Alay Ini Siap Buktikan Dugaan Penipuan Elly Sugigi)

Anak Bobby dan Kahiyang

Anak kedua Presiden Joko Widodo itu menambahkan jika makna dari nama sang putri berati adalah sebuah doa kebaikan yang diharapkan bisa menjadi panutan untuk dirinya sendiri terlebih orang - orang disekitar.

"Sedah Mirah Nasution itu artinya putri yang menawan dan dermawan bagi semua orang," jelas Kahiyang.

Namun ternyata, berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, nama Sedah Mirah juga berasal dari nama istri Pakubuwono IX, Raja Surakarta bernama lengkap Raden Ayu Sedah Mirah, penulis kitab Ponconiti.

Anak Bobby dan Kahiyang

Berkat keanggunan dan kecantikan, Ratu Sedah Mirah pun masih dikenang oleh banyak orang, khususnya mereka yang berada di sekitaran Surakarta, Jawa Tengah masih mengingat sosok Ratu tersebut.

Hingga saat ini, makam Ratu Sedah Mirah yang berada di Kompleks Petilasan Keraton Kasunanan Kartasura sejak tahun 1826 itu kerap didatangi banyak wisatawan untuk memberikan doa kepada sang ratu.

Maka jika ditarik benang merah dari nama yang jika diambil dari legenda tersebut, maka makna dari Sedah Mirah Nasution sendiri berati seorang perempuan yang berparas anggun, cantik dan menawan diharapkan mempunyai hati yang dermawan dan berguna bagi orang lain.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini