nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ki Enthus Susmono, sang Dalang Peraih Gelar Doktor

Revi C. Rantung, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 06:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 33 1898380 ki-enthus-susmono-sang-dalang-peraih-gelar-doktor-XGOKKrpwlJ.jpg Ki Enthus Susmono (Foto: Instagram @kienthus.artshop)

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari tokoh pewayangan nasional. Ki Enthus Susmono dikabarkan tutup usia pada Senin 14 Mei 2018. Dalang sekaligus bupati kabupaten Tegal ini menghembuskan nafas di Rumah Sakit Slawi pada pukul 19:15 WIB.

Lebih lanjut kabar meninggalnya Ki Enthus didapat berdasarkan pesan singkat yang diterima.

"Telah meninggal dunia Ki Entus Susmono (Bupati Tegal) baru td di rumah sakit slawi jam 19.15 wib mohon doanya,,, 🤲🏻, Lahul fatehah,,," tulis pesan yang beredar.

 


(Baca Juga: Alasan Sinetron Cinta Yang Hilang Wajib Ditonton di Bulan Ramadan)

(Baca Juga: Disambut Hangat Fans Rock Indonesia, Europe: Matur Suwun)

Ki Enthus Meninggal pada usia 52 tahun, namun sayang belum ada kabar pasti mengenai penyebab meninggalnya tokoh dalang asal kabupaten Tegal ini. Rencananya almarhum akan dikebumikan pada Selasa (15/5/2108), tetapi belum ada informasi pasti dimana almarhum akan disemamkan.

Sebagai informasi, Ki Enthus Susmono merupakan tokoh dalang yang amat dikenal seantero jagad pewayangan. Bahkan prestasi terbaiknya pada 2005 lalu, Ki Enthus menerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, Amerika Serikat dan Laguna College of Business and Arts, Calamba, Filipina.

Selain itu berbagai karya Ki Enthus juga diabadikan di museum luar negeri yakni Belanda, Jerman hingga Mexico.


Sementara itu, kiprah Ki Enthus yang dapat dingat dalam benak setiap orang yang menyaksikan penampilannya, adalah gaya sabetan khas, dimana kombinasi sabet wayang golek dan wayang kulit yang membuat pertunjukannya terasa berbeda dengan gaya dalang lainnya. Selain itu, Ki Enthus juga memiliki kemampuan dan kepekaan dalam menyusun komposisi musik, baik modern maupun tradisi (gamelan).

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini