Selain Dilarang Selfie, Festival Film Cannes Juga Resmi Boikot Karya Netflix

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 206 1879771 selain-dilarang-selfie-festival-film-cannes-juga-resmi-boikot-karya-netflix-t1U1aVscku.jpg Para Tamu Berfoto Selfie di Red Carpet (Foto: NME)

LOS ANGELES – Festival Film Cannes mengumumkan aturan baru untuk penyelenggaraan tahun 2018. Salah satu festival film terbesar di dunia itu melarang adanya karya dari Netflix serta tradisi berfoto selfie atau swafoto.

Tahun lalu dua film Netflix, Okja dan The Meyerowitz Stories, masih diperbolehkan untuk bersaing memperebutkan Palme d’Or. Namun kejadian mengejutkan justru terjadi saat Okja diputar perdana di sana dan mendapatkan olok-olokan.

Baca juga: Natalie Sarah Akui Kerepotan Didik Anak di Usia Remaja

Keputusan Cannes menayangkan film-film Netflix memang menjadi sebuah keputusan kontroversial. Beberapa kritikus film merasa bahwa film Netflix tidak cocok untuk diikutsertakan dalam sebuah festival film.

Kendati demikian Theirry Fremaux selaku Ketua Festival Film Cannes mengatakan bahwa Netflix dan beberapa layanan streaming lainnya masih bisa menayangkan film di Cannes. Namun film-film tersebut tidak diperbolehkan untuk ikut bersaing dalam kompetisi seperti tahun lalu.

“Tahun lalu, ketika kami memilih dua film, aku berpikir bahwa aku bisa meyakinkan Netflix untuk bisa merilis dua film itu di bioskop. Tapi aku terlalu percaya diri, mereka akhirnya memutuskan untuk menolak,” ujar Theirry.

Baca juga: Natalie Sarah Sayangkan Tak Menyaksikan Hembuskan Nafas Terakhir Ibunda

Selain itu Cannes juga melarang adanya kegiatan berfoto selfie atau swafoto selama red carpet berlangsung. Budaya berfoto selfie memang sudah bukan barang baru apalagi jika red carpet diisi oleh bintang-bintang top dunia.

Pihak penyelenggara berperndapat bahwa kegiatan selfie di red carpet justru menimbulkan kerusuhan. Dengan demikian, untuk penyelenggaraan tahun depan tidak ada lagi foto selfie para pengunjung bersama bintang-bintang film Hollywood.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini