nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagu Matahari Terbit Karya WR Supratman Hadir dengan Aransemen Baru

Alan Pamungkas, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 205 1872298 lagu-matahari-terbit-karya-wr-supratman-hadir-dengan-aransemen-baru-s6m3wHFxFp.jpg WR Supratman (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Selain Indonesia Raya, WR Supratman banyak menciptakan lagu bertema nasionalisme. Salah satu lagu WR Supratman yang cukup terkenal adalah Matahari Terbit. Kini, lagu tersebut kembali dihadirkan dengan aransemen baru.

Maharya yang digawangi oleh Satrio Diponegoro (vokalis) Herman Husin eks personel Jamrud (drummer), Rudy Karamoy (volkalis) dan Iram (gitar) kembali menghadirkan Matahari Terbit dengan aransemen baru. Aransemen ini didukung oleh Budi Harry, cucu dari WR Supratman.

"Lagu ini kan sempat hilang, kami keluarga hanya memiliki liriknya. Karena liriknya memang milik WR Supratman. Nah, ketika Maharya mengaransemen lagu ini, kami saat mendengarnya kok enak dibawakan mereka," ujar Budi Harry.


(Baca Juga: Jadwal Tayang Film Teman Tapi Menikah Berubah Jadi 28 Maret)

(Baca Juga: Alami Gangguan Penyakit, Waldjinah Harus Terbaring Sembilan Bulan di Tempat Tidur)

Matahari Terbit sendiri bukan lagu nasional sehingga memungkinkan untuk diaransemen ulang dan dikomersilkan selagi pewaris WR Supratman mempersilakannya.

"Ini bukan lagu nasional memang. Tapi yang terpenting ada izin untuk mengaransemen ulang. Soal urusan ke depannya nanti, akan dibicarakan seandainya lagu tersebut dikomersilkan," jelas Budi Harry.

Sementara itu, Maharya akan meluncurkan Matahari Terbit dalam waktu dekat. Ia pun antusias melihat respons masyarakat nanti ketika lagu ini hadir dengan nuansa baru.

"Keluarga WR Supratman terharu saat kami kunjungi dan ceritakan tentang proyek musik ini. Matahari Terbit akan diluncurkan tepat pada 1 Rajab 1439 Hijriyah nanti. Selama ini sudah banyak lagu-lagu perjuangan dan mars kebangsaan yang diaransemen ulang oleh para musisi Indonesia. Namun, Maharya punya karakter tersendiri," jelas Satrio Diponegoro vokalis Maharya.

Seperti diketahui, lagu Matahari Terbit diciptakan WR Supratman untuk menambah nasionalisme bangsa Indonesia. Namun pada 1939 lagu tersebut sempat dicekal oleh Belanda lantaran dianggap mendukung Jepang karena judulnya. Lagu Matahari Terbit sempat hilang nada karena jarang diketahui publik.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini