Profil 5 Nomine Aktor Pendukung Terbaik Oscars 2018

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 206 1866007 profil-5-nomine-aktor-pendukung-terbaik-oscars-2018-68NSoCWZz8.jpg Oscars 2018 (Foto: Oscars.go.com)

LOS ANGELES – Banyak orang mengecilkan peran seorang aktor pendukung di dalam film. Padahal aktor pendukung adalah sebuah faktor penting dalam kesuksesan sebuah film.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah memilih lima nomine untuk kategori Best Supporting Actor atau Aktor Pendukung Terbaik. Kehadiran mereka di dalam film berpengaruh besar sehingga wajib diganjar oleh penghargaan Piala Oscar.

Baca juga: 'Dekade' Persembahan Afgan di 10 Tahun Berkarya

Okezone telah merangkum profil 5 nomine dalam kategori ini. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Willem Dafoe

Nama Willem Dafoe sudah tak asing lagi di telinga para pencinta film. Aktor satu ini sudah malang melintang di industri perfilman Hollywood.

Dafoe masuk ke dalam nominasi setelah tampil memukau sebagai seorang penjaga kost-kostan dalam film The Florida Project. Ini adalah kali ketiga dirinya menerima nominasi Oscars.

Dafoe sebelumnya pernah mendapatkan nominasi dalam kategori serupa di tahun 1987 lewat film Platoon dan pada tahun 2001 melalui film Shadow of the Vampire.

2. Woody Harrelson

Pada Oscars tahun ini, film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri mengirimkan dua aktor pendukungnya dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik. Woody Harrelson dan Sam Rockwell akan beradu untuk menjadi yang terbaik pada malam puncak Academy Awards yang ke-90 nanti.

Woody Harrelson sendiri tampil memukau sebagai seorang Sheriff Willoughby. Kapasitasnya sebagai seorang Sheriff mulai dipertanyakan ketika sebuah kasus perkosaan dan pembunuhan di sana tak kunjung terungkap.

Sama halnya seperti Willem Dafoe, ini adalah kali ketiga Woody mendapatkan nominasi Oscars. Ia pertama kali mendapatkan nominasi Oscar dalam kategori Best Actor/Aktor Terbaik pada tahun 1996 melalui film The People vs. Larry Flynt. Pada tahun 2009, ia kembali mendapatkan nominasi dari Best Supporting Actor/Aktor Pendukung Terbaik lewat film The Messenger.

3. Richard Jenkins

Film The Shape of Water karya Guillermo del Toro menjadi film dengan nominasi terbanyak pada gelaran Oscar tahun ini. Film tentang kisah cinta manusia dan makhluk ikan ciptaan tersebut mendapatkan total 13 nominasi.

Richard Jenkins menjadi salah satu perwakilan The Shape of Water dalam kategori Best Supporting Actor/Aktor Pendukung Terbaik. Aksinya sebagai tokoh Giles mendapatkan apresiasi yang baik dari para penonton.

Bagi Richard, ini adalah nominasi Oscar keduanya sepanjang berkarier di dunia akting. Ia sebelumnya pernah mendapatkan nominasi dalam kategori Aktor Terbaik melalui film The Visitor yang dirilis pada tahun 2007.

4. Christopher Plummer

Christopher Plummer merupakan satu-satunya kandidat dalam kategori ini yang pernah membawa pulang Piala Oscar. Plummer pernah memenangkan Aktor Pendukung Terbaik pada tahun 2010 lewat film Beginners.

Pada tahun ini, Plummer kembali masuk setelah berakting dengan apik dalam film All the Money in the World. Ia berperan sebagai Jean Paul Getty, kakek dari John Paul Getty III yang diculik dan minta tebusan uang yang cukup banyak.

5. Sam Rockwell

Para penonton film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri tentu akan sangat ingat dengan tokoh bernama Dixon. Selain memiliki peran yang cukup signifikan, akting Sam Rockwell dalam menghidupkan karakter ini pun terbilang sanga baik.

Kehebatan Sam bahkan sudah terbukti dalam ajang-ajang penghargaan lain seperti Golden Globes dan BAFTA Awards. Ia berhasil menjadi yang terbaik dalam setiap kategori Aktor Pendukung tahun ini.

Padahal jika ditarik ke belakang, ini adalah kali pertama Sam mendapatkan nominasi ajang-ajang penghargaan perfilman itu. Sebelumnya ia tidak pernah meraih nominasi dalam ajang-ajang besar seperti Oscar, Golden Globes, atau BAFTA.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini