nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rian 'Idol Junior' Siap Gebrak Musik Indonesia di Usia Remaja

Dewanto Kironoputro, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 205 1850822 rian-idol-junior-siap-gebrak-musik-indonesia-di-usia-remaja-hhSgq6ky73.jpg Rian Idol Junior (Foto: Dudit/Okezone)

JAKARTA – Febrian Nicanor Napitupulu alias Rian, runner-up Indonesian Idol Junior season I tengah bersiap-siap mengobati kangen fans dengan ceritanya bertransisi ke masa remaja. Kini, bocah yang terkenal saat berusia 12 tahun itu sudah berusia 15 tahun.

Keinginan Rian untuk bermusik pun ternyata sangat kuat. Kini, ia tengah mengenyam pendidikan di sebuah SMK musik di bilangan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten. Rencananya, Rian akan meneruskan kariernya sebagai penyanyi, lagu sebagai aransir dan komposer lagu.

“Udah cita-citaku ke musik. Dari awal enggak pernah nyesel ikut ke jalur musik. Biar ada sedikit yang bikin agak bingung, tapi dari orang sekitar lebih meyakinkan bahwa musik itu enak, bagus buat saya sendiri. Itu bukan paksaan, tapi memang minat dari awal,” ujar Rian kepada Okezone di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2018).

(Baca Juga: Rizky Febian dan Aisyah Aziz Kedinginan Syuting di Korea)

(Baca Juga: Sara Wijayanto dan Demian Akan Jalani Program Hamil)

Ani, sang ibunda, juga mendukung penuh cita-cita Rian. Ia memang sempat merasa jalur hidup Rian tidak lazim untuk keluarga non-musisi, namun setelah melihat keinginan Rian, hatinya tergerak untuk mendukung sang anak. Malah, seluruh fasilitas yang diminta Rian selalu dituruti. Ini juga disebabkan karena Rian tergolong sangat pede saat bernyanyi.

“Ngajarin enggak ada ya, karena musik itu bukan dunia saya. (Tapi) Kalau Rian galau, sekarang saya arahin ke musik. (Rian) Jelas alasannya apa, arahannya ke mana, targetnya apa. Segala kebutuhan di sekolah saya penuhi, misalnya butuh alat musik apa, dan di rumah pasang Wi-Fi untuk referensi dia,” timpal Ani.

Rian, yang baru duduk di kelas I, mengaku belajar jauh lebih banyak dari sekadar bernyanyi atau bermain alat musik. Baru satu semester, ia sudah belajar berbagai notasi baru yang nantinya akan digunakan untuk single terbarunya. Sayangnya, judul, isi, maupun tanggal perilisan single itu masih dirahasiakan.

“Di sekolah musik ini tarik suaranya agak kurang, cuma memperdalam sejarahnya terus main musiknya, nguasain alat musik baru, notasi baru, terus lebih ke teorinya,” ucap Rian.

Yang bisa Rian bocorkan dari sekarang adalah bahwa lagu-lagunya ke depan akan bercerita tentang transisinya ke masa remaja. Di antaranya, ada obrolan laki-laki remaja yang mulai slengekan dan pengalaman asmara pertamanya menyukai seorang gadis.

Sayangnya, suara Rian sudah jauh berubah. Sekarang, suaranya jadi lebih berat seiring pubertas. Namun, ia sudah jauh lebih memerhatikan penampilan, misalnya dengan memakai kemeja kotak-kotak, celana jeans, dan sepatu bot formal pendek berwarna hitam saat wawancara. Badannya pun jadi jauh lebih atletis karena makan teratur dan rajin berolahraga seperti basket dan renang.

“Saya ngalamin perubahan yang cukup berpengaruh. Pertama, suara. Bersyukurnya perubahan suaranya enggak parah banget, jadi nyanyi masih 75-85 persen oke lah. Cuma merasa belum stabil. Harta saya ini di suara, dengan perubahan ini harus bisa antisipasi biar perubahannya itu enggak terlalu parah,” ucap Rian.

“Tema lagu pasti berubah. Udah kenal cinta juga kan. Jadi mengubah dari semua aspek, dari penampilan, pembawaan lagu, cara berbicara, dan single yang mau dikeluarin juga anak remaja. Lebih ngikutin zaman sekarang lah,” tutupnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini