nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

James Franco Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual di Media Sosial

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 10:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 33 1842141 james-franco-dituduh-lakukan-pelecehan-seksual-di-media-sosial-pkSceHaV2A.jpg James Franco (Foto: AP)

LOS ANGELES – James Franco menjadi salah satu public figure yang ikut mendukung kampanye #TimesUp, sebuah gerakan menentang pelecehan seksual, di Golden Globes 2018. Namun, kini malah dirinya dituduh telah melakukan tindakan tak senonoh tersebut.

- Baca Juga: James Franco Merasa Tak Bersalah Ajak ABG 17 Tahun Check In

Sejumlah wanita tiba-tiba berkicau di Twitter tak lama setelah kemenangan Franco di Golden Globe, Minggu 7 Januari 2018 waktu setempat. Wanita-wanita ini mengklaim diri sebagai korban pelecehan seksual bintang The Disaster Artist tersebut.

Aktris Violet Paley merupakan salah satu wanita yang mengungkap kabar mengejutkan itu. Tak hanya mengaku dirinya sebagai korban Franco, Paley juga menyebut sang aktor juga mencoba melecehkan temannya yang baru berusia 17 tahun kala itu.

“Pin #TimesUp yang imut, James Franco. Ingat saat kau mendorong kepalaku ke bawah di sebuah mobil ke arah pen*smu dan di waktu lainnya kau memberitahu temanku untuk datang ke hotelmu ketika dia 17 tahun? Setelah kau sudah tertangkap basah melakukan itu kepada anak 17 tahun yang lain?” kicau Paley di Twitter.

Lebih jauh Paley menjelaskan jika saat itu dia sudah menginjak usia dewasa. Dia pun membeberkan jika dirinya dan Franco memang memiliki hubungan spesial kala itu. Namun, apa yang dilakukan Franco padanya di mobil tersebut di luar kehendaknya sehingga tetap ia klaim sebagai pelecehan seksual.

Klaim yang sama datang dari Sarah Tithe-Kaplan, seorang murid Franco di sekolah akting. Kaplan mengaku Franco pernah meminta untuk telanjang setelah ia menandatangani kontrak tak jelas.

“Ingat beberapa minggu lalu ketika kau bilang padaku jika ketika aku telanjang bulat di dua filmmu dengan bayaran USD100 per hari bukanlah eksploitasi karena aku sudah menandatngani kontrak untuk melakukan itu? Times up! Aku 100 persen merasa tak punya pilihan untuk bilang tidak,” beber Kaplan seperti dikutip dari New York Daily News, Selasa (9/1/2018).

Kaplan melanjutkan, “Jika seorang aktor yang punya kemampuan untuk membangun atau menghancurkan karierku dengan jentikan jarinya menawariku sebuah peran, aku tak punya bargaining power. Aku butuh kerja. Aku butuh makan. Aku perlu sebuah karier.”

- Baca Juga: James Franco Raih Trofi Perdana sejak 2002 di Golden Globes 2018

Hingga kini belum ada tanggapan dari perwakilan Franco. Sang aktor sendiri sempat mengatakan di belakang panggung Golden Globes bahwa adalah tanggung jawab semua orang untuk menentang pelecehan seksual dan membuat perubahan di Hollywood.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini