Pernah Di-Endorse First Travel, Syahrini Akan Jalani Pemeriksaan di Bareskrim

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Rabu 27 September 2017 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 27 33 1783736 pernah-di-endorse-first-travel-syahrini-akan-jalani-pemeriksaan-di-bareskrim-ighD3qJX69.JPG Syahrini (foto: Putra RA/Okezone)

JAKARTA – Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berencana memanggil penyanyi Syahrini untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus penipuan PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel), Rabu (27/9/2017).

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menerangkan pemanggilan Syahrini karena yang bersangkutan pernah difasilitasi atau di-endorse oleh agen First Travel.

(Baca Juga: Dituding Terjerat Kasus Penipuan Jasa Perjalanan Haji, Syahrini: Tidak Benar)

"Syahrini sekitar jam 11.00 WIB akan hadir memenuhi panggilan untuk diperiksa saksi kasus First Travel," tegas Martinus dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, Martinus mengungkapkan pemanggilan para artis tersohor dalam negeri ini bertujuan untuk menelusuri sejumlah aliran dana kasus penipuan First Travel.

(Baca Juga: Pernah Di-Endorse First Travel, Hati Ibu Mendiang Jupe Terguncang Lihat Penderitaan Para Korban)

"Misalnya artis A pada saat ingin menjadi ikon dari perusahaan tersebut apa saja yang disyaratkan. Apakah soal hotel, pesawat, honor, tentu penyidik harus mengetahui hal tersebut. Supaya mengetahui aliran dana yang didistribusikan itu bagaimana," tutur Martinus.

Dalam pemeriksaan artis itu, akan sangat membantu penyidik dalam mendalami aliran dana First Travel. "Jadi kami minta keterangan supaya kami tahu bahwa dana yang mengalir," sambung dia.

(Baca Juga: Jamaah Umrah Korban Penipuan: First Travel Cuma "Jambu", Janji Busuk!)

Sementara itu, sejauh ini, polisi telah menyita beberapa aset terkait First Travel, di antaranya adalah, satu unit rumah di Jalan Venesia Selatan Nomor 99 Sentul City Rt 001/005, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Satu unit rumah atau kantor First Travel di Jalan Radar Auri Nomor 1 Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Satu unit rumah di Cluster Vasa Kebagusan Jalan Kebagusan Dalam IV Nomor 550 , Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Satu unit rumah di Jalan RTM, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kemudian untuk 8 perusahaan antara lain:

PT Interculture Tourindo.

PT Yamin Duta Makmur.

PT Hijrah Bersama Taqwa.

PT Bintang Balindo Semesta.

PT Anugerah Nusantara Mandiri Prima.

PT Anugerah Karya Teknologi.

PT Anniesa Hasibuan Fashion

Yayasan First

(Baca Juga: Sebelum Ditangkap Akibat Kasus Penipuan, Bos First Travel Sempat Hubungi Eddies Adelia)

Tak hanya itu, aparat juga telah menyita 5 mobil, lalu memblokir 13 rekening dengan rincian tiga rekening atas nama tersangka Andika, dua atas nama tersangka Anniesa, satu atas nama Kiki Hasibuan. Lalu, tiga rekening atas nama PT Anniesa Hasibuan dan empat rekening atas nama PT First Anugerah Travel.

Sejauh ini Polri telah mengembalikan 10.103 paspor calon jamaah yang menjadi korban penipuan PT First Travel. Sementara itu, jumlah jamaah yang melakukan pelaporan langsung di ruang Auditorium Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, mencapai 9.513 orang, sedangkan melalui jalur online sebanyak 25.197 orang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini