Image

OKEZONE STORY: 10 Tahun Vakum, Band PADI Siap Comeback dengan Kisah Baru

Lidya Hidayati, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 20:00 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 09 17 205 1777705 okezone story 10 tahun vakum band padi siap comeback dengan kisah baru AzUFjt6IK8.jpg Band PADI. (Foto: Instagram/YoyoPrasetyo)

JAKARTA – Industri musik Indonesia memiliki begitu banyak band-band dan penyanyi berkualitas di era 1990-an. Sebut saja Sheila On7, Dewa19, Wayang, Base Jam, Stinky, Gigi, Slank, dan tentu saja PADI.

Dari band-band tersebut, ada yang masih aktif berkarya seperti Sheila On7, Elemen, Gigi, dan Slank. Ada juga yang sudah bubar atau ganti personel seperti Stinky. Tetapi, ada pula yang tak bubar, melainkan vakum selama 10 tahun terakhir, misalnya PADI.

Band beranggotakan lima personel itu terakhir kali meluncurkan album yang berisi lagu-lagu baru pada 2007 silam lewat “Tak Hanya Diam”. Album ini mempersembahkan sepuluh lagu baru yang didominasi tema tentang kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

BACA JUGA: FOTO: Akhirnya Padi Bakal Comeback, Nih Kode dari Yoyo

Setelah “Tak Hanya Diam”, PADI tak merilis single baru apa pun. Piyu cs memang  sempat meluncurkan “The Singles” pada 2011, empat tahun setelah “Tak Hanya Diam”. Namun, tak ada lagu baru dalam “The Singles”. Sesuai namanya, album ini hanya terdiri dari kumpulan single-single lawas PADI yang dikumpulkan menjadi satu dalam dua keping album. Total, ada 28 lagu lawas populer dalam “The Singles”.

Satu dasawarsa meninggalkan penggemar setianya, PADI kini tampaknya siap kembali. Setidaknya hal tersebut terlihat dari postingan Instagram Yoyo. Akhir pekan lalu, mantan suami Rossa tersebut mengunggah foto yang seolah menjadi isyarat jika PADI akan kembali menyapa Sobat Padi, sebutan fans mereka.

“Soon (Segera)!! #Bismillah,” tulis pemilik nama lengkap Yoyo Prasetyo ini.

Yang membuat publik yakin jika postingan itu merupaan petunjuk akan kembalinya PADI ke ranah musik Indonesia adalah foto yang menyertainya. Dalam postingan itu, Yoyo mengunggah foto siluetnya bersama keempat personel PADI lengkap dengan tulisan “The Boys are Back.”

Jika benar PADI akan comeback dalam waktu dekat, maka album atau single yang dirilis itu nantinya akan menjadi pengobat rindu penikmat musik Tanah Air, khususnya generasi 90-an. Mereka yang besar di tahun 90-an besar dengan musik-musik PADI yang tak pernah gagal membuat galau.

Semua ingat bagaimana pada 1997 lalu, sebuah band asal Surabaya mencoba peruntungan di industri musik nasional lewat sebuah album “Indie Ten” dengan lagu andalan Sobat. Hasilnya? Sobat langsung menjadi hits dan hingga kini masih sering dputar di radio.

PADI dibentuk oleh lima mahasiswa Universitas Airlangga, yakni Ari (gitar), Fadly (Vokal), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar) yang awalnya bernama Soda. Setelah aktif manggung dari satu panggung ke panggung lainnya, PADI lantas dikontrak oleh sebuah label untuk masuk dunia rekaman.

Menurut pengamat musik kala itu, PADI menawarkan musik yang berbeda dibanding band-band angkatannya. Lagu-lagu PADI memiliki musik yang lebih dinamis dan kompleks yang dianggap menjadi daya tarik bagi fans.

Disambut baik oleh pecinta musik Tanah Air di awal kemunculannya, PADI makin percaya diri dengan merilis album “Lain Dunia” di 1999. Album ini makin memantapkan posisi PADI di hati penggemar musik. “Lain Dunia” meraih platinum pada April 2000 dan quadraple platinum setahun berselang. Sebuah capaian yang tak mudah bagi band baru.

BACA JUGA: Tahlilan 100 Hari Julia Perez, Sri Wulansih: Saya Belum Bisa Balas Kebaikan Dia

Perlahan tapi pasti, PADI terus memenangkan hati penikmat musik dengan lagu-lagu romantis mereka. Tak mau berdiam di zona nyaman, PADI menjajal hal baru di album kelima. Setelah memakai tema interpersonal atau cinta di empat album pertama, PADI mencoba hal baru di album kelima,”Tak Hanya Diam”.

Di album ini, PADI mulai bicara tentang lingungan dan kepedulian sosial. Lirik-lirik dalam album yang dirilis pada 2007 itu fokus pada tidak berfungsinya komunikasi yang berujung pada bencana di sekitar. Kebetulan, saat itu Indonesia tengah dirundung bencana alam secara terus-menerus seperti Tsunami dan gempa bumi.

Setelah itu, seperti yang diceritakan di atas, PADI tak lagi merilis album baru dengan musik-musik anyar di dalamnya. Mereka hanya merilis album kompilasi sebagai obat rindu Sobat Padi. Kini, dengan petunjuk yang dilempar oleh Yoyo ke khalayak ramai, PADI tampaknya sudah siap kembali ke industri musik dan memanjakan telinga penggemar dengan musik-musik khas mereka.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini