nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Padi Reborn, Metamorfosa Sang Penghibur yang Bangkit dari Mati Suri

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 18 205 1923806 padi-reborn-metamorfosa-sang-penghibur-yang-bangkit-dari-mati-suri-t2HvYUXpvx.jpg Padi Reborn (Foto: IG Okezone)

JAKARTA – “Tetaplah menjadi bintang di langit… Agar cinta kita akan abadi,”

Penggalan lagu ‘Begitu Indah’ yang dinyanyikan oleh grup band Padi ini menjadi salah satu lagu yang sangat fenomenal di era 1999. Kesuksesan lagu ini membawa nama Padi menapaki puncak popularitas di dunia musik Tanah Air.

Sama halnya dengan band musik lainnya, Padi yang digawangi oleh Fadly Arifuddin sebagai vokalis, Satriyo Yudhi Wahono (Piyu) sebagai gitaris, Ari Tri Sosianto sebagai gitaris, Rindra Risyanto Noor sebagai bassis, dan Surendro Prasetyo (Yoyok) sebagai drummer pun harus melewati jalanan penuh kerikil tajam sebelum akhirnya terkenal.

Berbagai usaha pun dilakukan agar Padi bisa rekaman dan memulai debut perdana di dunia musik Tanah Air. Sejak 1996, Fadly dan kawan-kawan aktif mengirimkan demo lagunya ke beberapa label musik.

 

Namun siapa sangka, bisa melakukan rekaman bukanlah hal mudah seperti membalikkan telapak tangan. Mereka harus menunggu lebih dari setahun hingga akhirnya mendapatkan kesempatan emas untuk rekaman.

“Kami bikin demo 1996-lah, dan 1997 baru dapat kabar, itu pun cuma rekaman untuk satu lagu,” ujar Yoyo beberapa waktu lalu.

Mendapatkan kesempatan rekaman pada 1997 pun bukan akhir dari perjuangan. Fadly cs terpaksa menunggu dua tahun dan manggung di berbagai pentas hingga akhirnya berhasil meluncurkan album perdananya bertajuk ‘Lain Dunia’.

Lewat album itu, band asal Surabaya ini sukses bersaing di industri musik Tanah Air. Tak hanya lagu ‘Begitu Indah’ yang menjadi lagu hits sepanjang masa, beberapa lagu lain seperti ‘Sobat’ dan ‘Mahadewi’ juga sukses melambungkan nama Padi.

Menapaki Masa Keemasan

Sukses pada album perdananya tak membuat Padi berpuas diri. Dua tahun berselang, Padi yang digandeng oleh label musik Soni Musik Indonesia kembali meluncurkan album keduanya bertajuk ‘Sesuatu yang Tertunda’.

Lagi-lagi, Padi berhasil menelurkan lagu-lagu berkualitas yang digilai oleh para penikmat musik. Sebut saja lagu ‘Semua Tak sama’ dan ‘Kasih Tak Sampai’ yang sangat populer.

Hanya dalam waktu dua pekan, album kedua Padi meraih Multiple Platinum dengan penjualan lebih dari 450.000 keping. Secara keseluruhan, album ini laris terjual hingga lebih dari 2 juta keping. Berbagai penghargaan pun berhasil diborong oleh Padi.

Sama halnya dengan album pertama dan kedua, album selanjutnya bertajuk ‘Save My Soul’ (2003) dan ‘PADI’ (2005) juga mendapatkan perhatian tinggi dari para penikmat musik Tanah Air. Gaya bahasa dalam setiap lirik yang diciptakan Padi dinilai tidak berselera pasaran sehingga selalu dinantikan para penikmatnya.

Dua tahun berselang usai meluncurkan album keempat, Padi kembali merilis album kelima bertajuk ‘Tak Hanya Diam’ (2007). Dengan lagu andalan ‘Sang Penghibur’, Padi kembali menorehkan prestasi.

Alami ‘Gagal Panen’ hingga ‘Musim Paceklik’

Masa keemasan yang dinikmati Padi pun tak berjalan abadi. Bak roda yang terus berputar, nasib Padi pun mengalami pasang surut. Empat tahun berselang sejak peluncuran album kelima, Padi mengeluarkan album kompilasi yang berisi gabungan musik terpopuler Padi.

 

Alih-alih ingin kembali mendulang kesuksesan, Padi justru mengalami "gagal panen". Pada awal 2011, salah satu personelnya, yakni Yoyo tersandung kasus narkoba jenis sabu hingga harus berurusan dengan aparat kepolisian.

Penangkapan mantan suami Rossa itu pun seketika membuat citra Padi hancur. Album yang baru saja dikeluarkan oleh Fadly cs tak sepopuler kelima album terdahulunya.

Tak lama berselang, Padi kembali menjadi sorotan. Bukan soal meluncurkan album baru, tetapi mengenai skandal perselingkuhan Piyu yang sempat menjadi pusat perhatian publik pada 2013.

Istri Piyu, Florina Limasnax diduga melabrak kediaman istri kedua Adiguna Sutowo, Vika Dewayani. Piyu sendiri mengaku tidak tahu menahu keberadaan istrinya tersebut. Meskipun berakhir damai, insiden ini menguak kondisi rumah tangga Piyu dan istri selama ini.

Musim paceklik tampaknya masih menyelimuti Padi. Dua tahun berselang sang bassis Padi, Ari dicokok polisi atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Penangkapan Ari pun menambah deret panjang masalah yang membelit Padi hingga meredupkan sinar kejayaan band itu. Piyu pun meminta kepada publik agar tidak mengaitkan kasus penangkapan Ari akibat narkoba dengan band Padi.

Kembali Bangkit dari Mati Suri

Setelah lebih dari satu dekade mengalami musim paceklik, Padi berusaha untuk bangkit dari keterpurukannya. Grup beraliran pop rock ini pun mengganti nama Padi dengan Padi Reborn.

Pergantian nama itu diyakini sebagai simbol penyemangat bagi para anggota grup band yang telah menapaki kejayaannya pada 1999. Selain itu, dengan nama baru Padi Reborn pun merubah citra dirinya menjadi lebih baik.

Baca Juga: Tampil di Piala Wimbledon, Gaun Kuning Kate Middleton Curi Perhatian

 

“Padi Reborn menjadi sebuah simbol penyemangat dan juga pengingat bahwa kami semua pernah mengalami masa-masa yang enak, masa-masa yang diimpikan oleh banyak orang,” ujar Piyu beberapa waktu lalu.

Fadly dan kawan-kawan pun kini tengah mempersiapkan album terbaru mereka yang akan dirilis pada akhir 2018. Meski demikian, Fadly selaku vokalis mengaku belum bisa menjanjikan sesuatu yang lebih dalam album terbaru Padi Reborn nantinya.

Setidaknya kelahiran album terbaru mereka menjadi penanda bahwa Padi Reborn tetap berusaha menghadirkan karya baru yang bisa dibanggakan untuk para penikmat musik Tanah Air.

“Enggak ada janji apa-apa. Tapi yang pasti kita ingin berkarya dan menjadi yang terbaik buat Sobat Padi (sebutan fans Padi reborn) dan memantaskan diri menjadi sosok yang dibanggakan oleh para penggemarnya,” ungkap Fadly.

Menjelang kelahiran kembali Padi Reborn, Fadly cs bekerja sama dengan Metube.id pun membuka kompetisi bagi para Sobat Padi. Para penggemar Padi reborn diminta untuk menceritakan pengalaman dari lagu-lagu Padi Reborn yang paling berkesan dalam hidup lalu mengunggah videonya ke Metube.id.

Bagi video para Sobat Padi yang terpilih nantinya akan berkesempatan untuk mengikuti acara Meet and Greet dengan para personel Padi Reborn. Kompetisi ini dimulai pada 17 Juli hingga 22 Juli 2018.

(ade)

Berita Terkait

Band Padi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini